Polda Siapkan Rp 12 M Untuk Bangun Mapolres Serang

0
921 views

SERANG – Pembangunan Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Serang mulai dilakukan.  Anggaran yang disiapkan Polda Banten untuk pembangunan gedung tersebut sebesar Rp 12 miliar.

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, anggaran yang akan digunakan untuk pembangunan kantor kepolisian wilayah hukum Kabupaten Serang tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Tanah kita mendapatkan hibah dari pemerintah daerah seluas 2 hektar. Jadi kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah,” ujar Sigit setelah peletakan batu pertama Mapolres Serang di Desa Cisait, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Sabtu (29/7).

Meski lokasi Mapolres Serang saat ini masih terkesan wilayah pedalaman, menurut Sigit,  sesuai kajian lokasi ini merupakan lokasi strategis, karena ke depan di area itu jugalah Pusat Pemerintahan Kabupaten Serang dibangun, dan salah satu exit tol Serang-Panimbang sehingga akan menjadi pusat keramaian.

Sejumlah fasilitas, lanjut Sigit, perlu dibangun untuk menunjang aktivitas Polres Serang ke depan, dua yang paling utama adalah akses jalan dan aliran listrik. Jalan yang ada saat ini merupakan jalan masyarakat dengan ukuran yang cukup kecil, sedangkan aliran listrik belum sampai sama sekali ke lokasi tersebut.

“Makanya kita akan kembali berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan PLN untuk membangun jalan dan aliran listrik,” kata Sigit.

Ditanya terkait target selesai, menurut Sigit, Polda menargetkan selesai pada Desember akhir tahun ini. “Semoga target itu bisa tercapai sehingga pelayanan optimal kepada masyarakat bisa segera dilakukan,” ujar Sigit.

Sementara itu, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa menjelaskan, area tersebut merupakan target pembangunan kota baru, sehingga segala infrastruktur akan dibangun ke lokasi tersebut.

“Iya pastinya, kan kita bangun kota baru, itu sama seperti membangun simpul pembangunan baru, jadi bukan hanya membangun bangunannya, bukan hanya jalan, tapi juga suplai energi, drainasenya, dan jaringan air bersihnya,” papar Pandji.

Sebelum dibangun gedung pemerintahan, lanjut Pandji, pertama kali yang akan dilakukan adalah membangun infrastruktur di area tersebut. “Kalau bangunannya jadi, infrastrukturnya gak kan gimana?” ungkapnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)