Polda Terapkan Uji Praktik Untuk SIM B-1 dan B-2

SERANG – Polda Banten bakal menerapkan uji praktik berkendara bagi pemohon surat izin mengemudi (SIM) B-1 dan B-2. Uji praktik tersebut berlokasi di Mapolres Serang Kota.

“Polres Serang Kota menjadi yang pertama untuk tes berkendara untuk SIM B-1 dan B-2,” kata Kasie SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Banten Komisaris Polisi (Kompol) Kamarul ditemui di Mapolres Serang Kota, Rabu (27/11).

Diakui Kamarul, selama ini uji praktik berkendara hanya dilakukan melalui simulator. Padahal, uji praktik uji SIM B-1 dan B-2 ini adalah salah satu prasyarat yang harus dipenuhi.  “Dulu untuk persyaratan pembuatan SIM B-1 dan B-2 hanya simulator. Nah dengan adanya ini nanti ada ujian praktik,” kata Kamarul didampingi Kasatlantas Polres Serang Kota Ajun Komisaris Polisi (AKP) Tesyar Rofadli.

Namun, untuk praktik simulator tetap digunakan. Dalam pembuatan SIM, ada beberapa tes, mulai teori hingga praktik yang harus dilalui pemohon. Untuk kendaraan, Polda Banten telah menerimanya dari Korlantas Mabes Polri. “Mobil sudah ada mobilnya baru datang. Ini pertama untuk Banten, untuk uji praktik ya. Rencanannya Tangerang akan menyusul,” kata Kamarul.

Rencananya jalan untuk lintasan lapangan uji praktik kendaraan yang ber SIM B-1 dan B-2 akan dalam beberapa hari ke depan. Setelah dinyatakan rampung, uji praktik untuk SIM B-1 dan B-2 sudah bisa dilaksanakan. “Untuk penyelesaian jalan tidak lama lagi,” tutur Kamarul.  

Kasatlantas Polres Serang Kota AKP Tesyar Rofadli menambahkan dengan adanya lapangan uji praktik SIM B-1 dan B-2 ini, maka Polres Serang Kota menjadi polres percontohan. Sebab, sarpras uji praktik SIM B-1 dan B-2 hanya ada di Polres Serang Kota. “Kita menjadi proyek percotohan, karena di wilayah lain belum ada. Untuk tes Simulator tetap di Polda, disini hanya praktiknya saja,” kata Tesyar.

Kendati jalan yang dibangun menggunakan lahan yang luas namun hal tersebut diyakini tidak akan mengganggu proses uji berkendara. “Lahan cukupnya. Nanti bisa jalan lurus sama belok,” tutur Tesyar. (mg05/nda/ags)