Polesan RT 04 Terondol Diakhiri Tanpa Swadaya

SERANG – Penataan lingkungan RT 04 RW 01, Lingkungan Terondol, Kelurahan Terondol, Kecamatan Serang, telah diakhiri. Warganya merasa sudah cukup. Padahal, pemolesan lingkungan ini baru sedikit.

Dari hasil pantauan, perubahan RT 04 untuk berkompetisi di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 tidak banyak. Yang baru adalah gapura, pemagaran, dan pengecatan paving block di jalan masuk perkampungan ini. Selebihnya, tidak ada.

Menurut Ketua Pemuda RT 04 Madseni, perubahan wajah RT-nya dilakukan warga secara bertahap. Warga dan pemuda mengawali gotong royong satu pekan selepas perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah.

“Kami bikin gapura, pemagaran pakai bambu, sama pengecatan paving block,” kata Madseni, Selasa (16/6). Pembuatan gapura, pemagaran, dan pengecatan ini menggunakan dana stimulan dari Pemkot Serang. Nilainya, Rp5 juta per RT.

“Penataan RT kami sudah selesai. (Pengecatan paving block-red) hanya itu saja, yang di gang depan masuk lingkungan. Tidak dilanjutkan lagi, karena tidak ada swadaya masyarakat,” tambah Ketua RT 04 Maftuhi menjelaskan.

Ia mengakui, pengurus RT menemukan jalan buntu ketika meminta warga untuk iuran. Banyak alasan penolakan yang disampaikan warga ketika diminta berswadaya membiayai penataan lingkungan mereka.

“Ada yang bilang tidak punya uang, ada yang bilang terdampak corona. Bingung saya,” tutur Maftuhi. “Tapi kalau nanti ada bantuan lagi, baru kami lanjutkan penataannya,” tutupnya. (rio/don)