Polisi Amankan Anggota Kawanan Pencuri Besi Kapal

0
732 views
ilustrasi (foto: Istimewa)

CILEGON – Jajaran Direktorat Pol Air Polda Banten berhasil membekuk tiga dari 12 orang pelaku yang melakukan pencurian besi kapal KMP BSP III yang sedang rusak di Perairan Bojonegara, Kabupaten Serang.

Para pencuri tersebut menjalankan aksinya dengan memotong besi kapal tersebut ditengah-tengah laut.

Kasubdit Gakkum Pol Air Polda Banten AKBP Trie Panungko mengatakan, pihaknya menerima laporan pencurian atau pemotongan kapal di tengah laut dari pemilik kapal pada tanggal 27 Desember 2016. Setelah melakukan pengecekan lokasi dan bekoordinasi dengan masyarakat sekitar akhirnya tiga orang pelaku dengan inisial, J, M, dan S berhasil ditangkap.

“Dengan laporan tersebut langsung kita tindak lanjuti. Kita menemukan pelakunya sebanyak 12 orang, dan tiga orang telah berhasil kita tangkap,” ujar Tri, saat dihubungi melalui telepon seluler, Selasa (3/1).

Dijelaskan Tri, tiga pelaku tersebut masing-masing memiliki peran yang berbeda dalam memuluskan tindak kejahatannya. Ada yang menjadi tukang potong, tukang angkut barang, pengawas, dan lainya. “Saat ini kita masih melakukan pengejaran terhadap sembilan pelaku lainya,” katanya.

Ditempat yang sama, Kanit I bagian Penyidikan Gakkum Pol Air Polda Banten AKP Akbar Baskoro mengaku tidak mendapatkan perlawanan dari ketiga pelaku saat proses penangkapan berlangsung. Mereka ditangkap oleh Polisi saat berada berada dirumahnya masing-masing di Bojonegara, Kabupaten Serang. “Dapat info dari warga, mengarah ke salah seorang langsung kita tangkap,” ucapnya.

Hingga saat ini, lanjut Akbar, pihaknya masih melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut, untuk barang bukti pihaknya sudah mengamankan sisa potongan besi, mesin pemotong dan tabung LPG. “Kita belum menetapkan Pasal, karena peran serta mereka berbeda-beda,” tuturnya. (Riko)