Polisi Amankan Pengamen dan Anjal di Kota Serang

0
1806


SERANG – Belasan pengamen dan anak jalanan (anjal) diamankan petugas Polres Serang Kota, Senin (24/5) siang. Mereka terjaring polisi saat Operasi Bina Kusuma Maung 2021 di wilayah hukum Polres Serang Kota.

Operasi tersebut dipimpin oleh Wakapolres Serang Kota Komisaris Polisi (Kompol) Feby Heriyanto dan Kasat Binmas Polres Serang Kota Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ahmadi. Beberapa titik atau lokasi yang menjadi target operasi berada di Simpang Empat Pisang Mas, Alun-alun Kota Serang, Terminal Kepandean, Kebon Jahe, dan Terminal Pakupatan.

Wakapolres Serang Kota Kompol Febt Heriyanto mengatakan dari lokasi tersebut sebanyak 17 anjal dan pengamen berhasil diamankan. Mereka kemudian diangkut ke mobil polisi dan dibawa ke Mapolres Serang Kota. “Dalam operasi tadi yang diamankan ada 17 orang, ” ujar Feby.

Dikatakan Feby, belasan anjal dan pengamen tersebut telah dilakukan pendataan dan arahan khusus agar tidak menganggu keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas. “Semuanya tadi (anjal dan pengamen-red) sudah menandatangani surat pernyataan tidak melanggar hukum dan tidak melakukan kegiatan yang mengganggu Kamtibmas di di wilayah hukum Polres Serang Kota, ” kata Feby.

Dijelaskan Feby, operasi tersebut dilakukan untuk menjaga kondisi kamtibmas di wilayah hukum Polres Serang Kota. Ia meminta kepada masyarakat untuk melapor apabila mendapat perlakuan kasar atau perbuatan melanggar hukum dari anjal atau pengamen. “Kami yakin setelah diberikan arahan tadi mereka tidak akan melakukan perbuatan yang melanggar hukum, kalau ada (mengganggu kamtibmas-red) tentu kami tindak, ” tegas Feby.

Feby menambahkan kegiatan tersebut akan terus dilakukan ke depan.Operasi Bina Kusuma Maung 2021 kata dia merupakan salah satu program Polri dalam menjaga kamtibmas. “Nanti setelah ini akan ada lagi, ” tutur mantan Kabag Ops Polres Serang tersebut. (Fahmi Sa’i).