Polisi Antisipasi 2 Tahap Arus Balik Liburan

Net. ILUSTRASI
Net. ILUSTRASI

JAKARTA – Arus kendaraan mobil saat libur hari Natal dan akhir tahun 2015 membuat jalan tol Jakarta hingga Cikampek mengalami kemacetan. Namun Kepolisian sudah menyiapkan antisipasi arus balik pengendara agar tidak terjadi kemacetan.

“Kita antisipasi arus mudik dua tahap. Libur pendek ke Puncak Bogor, Merak, Bandung akan kembali hari Minggu karena hari Senin mungkin mereka kerja. Tapi yang cuti panjang mungkin rute libur jauh, pulang ke Jawa. Baru pekan depan,” ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian, usai salat di Mesjid Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (25/12).

Irjen Tito mengatakan, arus kendaraan libur tahun baru juga sudah diantisipasi. Polisi akan melakukan penjagaan dan pengaturan jalan-jalan yang menuju ke Pulau Jawa.

Pihaknya juga akan menggelar rapat koordinasi dengan Polda Jawa Barat dan Korlantas Mabes Polri guna mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas tahun baru. “Hari Minggu besok lusa akan rapat melibatkan jajaran Polda Metro, polda Jabar, Kapolres Bogor dan Karawang Korlantas Polri. Arus luar kota ditangani korlantas, jasa marga dan pengelola rest area karena pintu rest area pintu keluar dan masuk itu cukup membuat penghambatan. Overload jumlah kendaraan,” ujar dia.

Lanjut dia, polisi akan mendirikan posko di ruas tol Cikampek dan titik kemacetan menuju Puncak Bogor dan Pelabuhan Merak. Sebab, arus balik kendaraan pada tahun baru diprediksi bisa menimbulkan kemacetan. “Nanti akan digelar posko-posko pengamanan di sana itu, antisipasi hari Minggu setelah natal, Minggu pagi sampai sore padat. Siang hari akan apel. Nanti juga kita kontrol. Setelah pengamanan tahun baru akan gelar titik kemacetan, Cikampek, tol Jagorawi, pintu tol Cibubur, tol Jor, TMII, Kebon Jeruk,” tukas dia. (mdc/RBOnline)