SERANG – Petugas Kepolisian Sektor Kota Serang belum berhasil mengungkap orang tua yang diduga pelaku pembuang bayi di semak-semak Kampung Kebaharan Dukuh, Kelurahan Lopang, Kota Serang pada Kamis 21 Januari 2015 lalu.

Sejak ditemukan warga, petugas membawa bayi malang berjenis kelamin perempuan tersebut ke RSUD Banten agar mendapatkan perawatan medis dan kebutuhan gizinya. Kapolsek Kota Serang Kompol Irwanda saat dikonfirmasi mengaku pihaknya masih melakukan pencarian terhadap orang tua bayi.

baca juga :Warga Lopang Geger Penemuan Bayi Perempuan

“Masih dirawat di rumah sakit. Kondisinya semakin membaik ada suster yang merawatnya. Sementara belum diketahui (pelaku pembuang bayi),” ujar Kapolsek Kota Serang Kompol Irwanda saat dikonfirmasi wartawan, Senin (1/2/2016).

Kapolsek mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penemuan bayi tersebut. Dari pemeriksaan sejumlah saksi, bayi tersebut bukan berasal dari Kampung Kebaharan Dukuh. Diduga kuat bayi tersebut sengaja dibuang oleh orang tuanya yang berasal dari luar Kampung Kebaharan Dukuh.

“Sudah ada beberapa (yang diminta keterangan, red) dari lingkungan penduduk setempat,” kata Kapolsek.

Sejak ramai menjadi pemberitaan media massa dan menghebohkan warga sekitar lokasi. Bayi perempuan mengundang keprihatinan warga lain yang ingin mengadopsinya. Namun demikian pengadopsian belum dibolehkan penyidik karena masih melakukan penyelidikan. Setelah penyelidikan dianggap cukup, pengadopsian akan diserahkan sepenuhnya kepada instansi terkait (Dinas Sosial).

“Ada beberapa masyarakat yang pengen adopsi. Kebanyakan dari bidan mungkin yang pengen adopsi dari rekanan mereka,” ujar Kapolsek.

Kapolsek menduga motif pembuangan bayi tersebut diyakini karena latar belakang ekonomi bukan dari hubungan gelap. Kapolsek mengharapkan kepada masyarakat agar melaporkan ke Polsek Kota Serang jika ada yang dicurigai sebagai pelaku pembuangan bayi.

“Dugaan belum pasti tapi kayaknya orang yang enggak mampu dan membuang bayinya,” tutur Kapolsek.

Diberitakan sebelumnya, sesosok bayi perempuan ditemukan di semak-semak di Kampung Kebaharan Dukuh, Kelurahan Lopang, Kota Serang, Kamis (21/1/2016).

Penemuan bayi malang tersebut pertama kali ditemukan oleh Abu Khoiri (49) sehabis belanja di Pasar Induk Rau. Bayi perempuan tersebut ditemukan sekira pukul 03.30 WIB dekat sebuah rumah kontrakan di Kampung Kebaharan Dukuh. (Wahyudin)