Polisi Ringkus Sindikat Curanmor Bersenjata Asal Lampung

0
448 views
Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo saat ekspose siang tadi di Mapolda Banten, Kamis (8/12). (Sumber Foto: Whats app group Wrtwn Humas Polda Banten)

SERANG – Polda Banten berhasil meringkus sindikat pencurian motor (curanmor) dengan menggunakan senjata api asal Lampung.

Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan, sindikat ini terbongkar berawal dari diamankannya salah satu anggota sindikat tersebut pada Juli 2016 lalu setelah menjalan aksinya di Ciruas, Kabupaten Serang.

Berbekal dari satu anggota sindikat tersebut, pihak kepolisian melakukan pengembangan yang pada akhirnya diketahui ada anggota lain yang masi buron.

“November 2016 petugas mengamankan enam orang tersangka, tiga diantaranya merupakan DPO yakni Sanusi alias Usi, Andi dan Ali Husin. Keenam tersangka ditangkap di sebuah hotel di daerah Serpong, Tangerang Selatan,” papar Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kamis (8/12).

Masih menurut Sigit, berdasarkan rekaman CCTV, sindikat tersebut kerap menggunakan senjata api dalam setiap menjalankan aksinya. Senjata api tersebut digunakan para pelaku untuk menakuti korban dan warga yang memergoki para pelaku.

Pada proses penangkapan, dari tangan anggota sindikat tersebut, petugas mengamankan tiga pucuk senjata api rakitan jenis revolver, peluru, kabel, kunci motor, dan belasan baja leter T dan dua unit sepeda motor.

Para tersangka diancam Pasal 363 KUHP dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara. Sedangkan atas kepemilikan senjata api tersangka diancam dengan Undang-undang Darurat Nomor 12 tahun 1951 dan diancam penjara selama 20 tahun penjara. (Bayu)