Polisi saat memeriksa isi lemari di Lapas Cilegon.

CILEGON – Satresnarkoba Polres Cilegon tidak menemukan benda-benda yang mencurigakan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon. Narkotika dan sejenisnya yang menjadi sasaran, tak ditemukan meski polisi menggeledah setiap kamar yang terdapat di Blok A, Blok B, dan Blok tahanan perempuan saat razia, Kamis (4/2/2016) sore.

“Lapas adalah salah satu target utama kita karena diduga banyak pengendali narkoba dari lapas. Setelah kita cek semua, terutama kamar tahanan narkoba, sejauh ini belum ditemukan (narkoba),” ujar Kasatresnarkoba Polres Cilegon AKP Gogo Galesung.

Di lokasi razia, tak hanya kamar penghuni lapas, polisi juga memeriksa tempat di luar kamar blok yang dicurigai. Hasilnya tetap sama, nihil.

Mengenai ada yang dicurigai dan menjadi target sasaran pada razia ini, Gogo menolak memberikan penjelasan. “Secara detail, saya belum bisa jelaskan karena masih dalam penyelidikan. Yang pasti kita harus aksi dan bereaksi keras dengan adanya kejadian-kejadian peredaran narkoba di lapas,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Lapas Kelas III Kalitimbang Andi M Syarif mengatakan, dari 276 penghuni lapas, 50 persen di antaranya adalah narapidana kasus narkoba. Dirinya mengaku mengapresiasi adanya razia. “(Razia) ini kan demi kepentingan bersama. Yang pasti kami juga berupaya maksimal dalam pemberantasan narkoba. Seperti melalui peningkatan pengawasan dan pengetatan penjagaan setiap tamu yang masuk. Kita geledah badan dan barang, meskipun dengan segala keterbatasan personel kita,” katanya. (Devi Krisna)