Mudik massal karyawan PT Nikomas Gemilang. Foto: @serang_lantas

SERANG- Satlantas Polres Serang menginstruksikan anggotanya agar memberikan tindakan kepada pengendara yang mengganggu keamanan dan kenyamaman di jalur mudik, seperti seperti berhenti sembarangan di sepanjang bahu jalan mulai dari Cikande hingga Kramatwatu, Kabupaten Serang.

Kasatlantas Polres Serang AKP Lucky Permana mengungkapkan, petugas di lapangan berpatroli di sepanjang jalan Cikande hingga Serang Barat untuk memantau arus mudik. “Petugas kami menemukan puluhan pengendara yang membandel berhenti sembarang di Jalan Serang Timur dan Barat. Saya perintahkan agar mereka menindak tegas, misalnya menggembosi ban kendaraanya. Hal itu untuk memberikan efek jera dan tindakan tegas kepolisian,” ujarnya saat di konfirmasi melalui telepon selular, Sabtu (2/7/2016).

Lucky menjelaskan, upaya tersebut dilakukan kepolisian untuk mengantisipasi terjadi kemacetan yang lebih parah . Sebab volume kendaraan pemudik mulai meningkat di sepanjang jalur tersebut. Polres dan instansi lain sudah menyediakan posko istirahat bagi para pengemudi yang ingin beristirahat.

” Tapi petugas kami menemukan para pengendara tersebut bandel. Maka kami tindak tegas mereka yang kedapatan beberapa kali berhenti sembarangan di bahu jalan. Hal ini dilakukan demi kepentingan bersama dan keselamatan para pengendara lainya. Terutama para pemudik. Jadi kami harus optimal memberikan pelayanan keamanan berkendara pada para pemudik, ” ujarnya.

Selain menindak tegas para pengendara yang parkir liar, lanjut dia, juga membagikan brosur tips mudik aman pada para pengendara. “Kami mengimbau agar para pengendara terutama pemudik pastikan kendaraan dalam kondisi baik,” ucapnya. (Ade f)