Polres Bangun Tugu Knalpot Bising

0
1885
Ratusan knalpot bising hasil sitaan dijadikan tugu di halaman kantor Satlantas Polres Serang, Selasa (20/4).

SERANG – Sebuah tugu knalpot bising berdiri di halaman kantor Satlantas Polres Serang. Tugu yang terbuat dari ratusan knalpot itu bertujuan agar masyarakat tidak memasangnya pada kendaraan bermotor.

Kasat Lantas Polres Serang Inspektur Polisi Satu (Iptu) Robby Rachman mengatakan, ratusan knalpot bising itu diperoleh dari hasil razia selama dua pekan dan Operasi Keselamatan Maung (OKM) 2021.

“Kita membuat tugu peringatan tersebut mulai dari tanggal 12 April sampai tanggal 16 April, jadi sekitar lima hari proses pembuatan,” kata Robby dihubungi melalui telepon, Selasa (20/4).

Robby mengungkapkan, pihaknya mengamankan 350 knalpot bising selama razia dua pekan. Lantaran bahan untuk pembuatan tugu knalpot masih kurang, polisi melanjutkan razia knalpot bising melalui OKM 2021.

“Awalnya kita lakukan jejaring knalpot brong atau bising selama dua minggu, ternyata saat kita bangun masih ada yang bolong atau kurang, maka dilanjutkan saat OKM 2021 dan berhasil terkumpul sebanyak 500,” ungkapnya.

Dikatakan Robby, tugu tersebut ditujukan kepada masyarakat agar tidak menggunakannya pada kendaraan bermotor.

“Harus bisa saling menghargai satu sama lain dengan pengendara yang lain, disamping membuat berisik juga dapat mengganggu pengendara yang lain,” ucapnya.

Kapolres Serang Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Mariyono mengingatkan masyarakat agar menggunakan knalpot standar pada kendaraan bermotornya.

“Tugu peringatan ini kita dirikan hanya di Polres Serang Kabupaten, jadi sekarang tugu ini akan selalu ada, ke depannya untuk dijadikan peringatan kepada masyarakat agar tetap memakai knalpot sesuai standar,” ungkapnya. (rbnn/nda)