Polres Cilegon Gelar Simulasi Kericuhan Pilkades di Kabupaten Serang

0
59

CILEGON – Polres Cilegon menggelar simulasi penanggulangan unjuk rasa anarkis menghadapi pilkades (pemilihan kepala desa) serentak tahun 2017 di Kabupaten Serang, yang masuk wilayah hukum Polres Cilegon, Sabtu (28/10).

Simulasi yang berlangsung di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya depan Mapolres Cilegon, ini berskenario saat berlangsungnya pemungutan suara terjadi kericuhan. Kronologinya, di lokasi antrean pemilih terjadi perselisihan antara dua kelompok yang diperkirakan sebagai pendukung salah satu calon kepala desa.

Perselisihan berbuntut terjadinya perkelahian dua kelompok massa sehingga antrean pemilih membubarkan diri. Anggota pengamanan TPS dibantu linmas berusaha untuk melerai perkelahian tersebut, keributan berhasil dilerai. Selanjutnya petugas pengamanan TPS melaporkan ke Perwira Pengendali Pengamanan TPS dan secara berjenjang melaporkan ke Satgas II.

Untuk mengantisipasi perkelahian susulan, beberapa menit kemudian 1 SST Dalmas Zona 3 dipimpin Kapolsek mendatangi tempat kejadian dan melakukan pengamanan sehingga kegiatan pemungutan dilanjutkan kembali.

Kasus lainnyaa saat pelaksanaan pemungutan suara berlangsung, salah sorang hak pilih pada saat menuju meja pendaftaran ditolak oleh panitia dikarenakan namanya sudah dinyatakan telah melaksanakan pemungutan suara.

Dibuktikan dengan data pada nomor pendaftaran dan surat panggilan yang telah ditandai, sehingga yang bersangkutan mengajukan protes dan menolak keterangan KPPS bahwa dirinya telah melaksanakan pemungutan suara dibuktikan dengan belum adanya tanda tinta pada jari tangannya.

Untuk penyelesaiannya, KPPS meminta bantuan dari Bagian Pemdes Pemkab Serang untuk melakukan pengecekan tentang kartu pemilih ganda tersebut. Sehingga Satgas Penegakan Hukum melaksanakan pengecekan dan pemeriksaan tentang keaslian kartu pemilih.

Setelah situasi terkendali dan dinilai aman, kegiatan pemungutan dilanjutkan kembali sampai dengan selesai dan kotak suara di bawa ke kantor desa.

Selesai pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS, kapolsek selaku penanggung jawab mengumpulkan anggota untuk melaksanakan konsolidasi dan menyatakan bahwa situasi aman dan terkendali. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)