Polres Cilegon Kumpulkan Pengusaha Daerah dan Industri


CILEGON – Polres Cilegon mengumpulkan para pengusaha daerah dan kalangan industri yang berada di wilayah hukum Polres Cilegon, Rabu (26/2). Hal itu dilakukan agar iklim investasi bisa berjalan dengan kondusif.

Kapolres Cilegon AKBP Yudhis Wibisana menjelaskan, menjaga iklim investasi di Kota Cilegon dan Kabupaten Serang kondusif tidak hanya menjadi tanggung jawab unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), tapi juga seluruh stakeholder terkait, dalam hal ini pengusaha dan industri.

Karena itu, perlu ada kesepahaman antara Forkopimda dengan pengusaha serta industri, sehingga komunikasi lintas sektor tersebut bisa berjalan dengan baik.

Dijelaskan Yudhis, agar investiasi tetap kondusif, industri diharapkan untuk tidak mengeluarkan keputusan yang bisa menimbulkan gesekan di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu ia berharap sebelum mengeluarkan keputusan, perusahaan untuk berkordinasi dengan kepolisian guna meminimalisir potensi gesekan.

“Kita mengawal kegiatan perusahan untuk selalu kondusif. Yang penting kita diberitahu saat ada kegaitan yang melibatkan masyarakat agar kondusif,” ujar Yudhis usai coffe morning dalam rangka menciptakan iklim investasi kondusif dan Pilkada 2020 yang damai di wilayah hukum Polres Cilegon. Acara berlangsung di Hotel The Royale Krakatau, Rabu (26/2).

Yudhis pun berharap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) untuk ikut berperan aktif mengakomodir masyarakat lokal yang ingin ikut serta dalam kegiatan proyek maupun kegiatan lain y ang berkaitan dengan industri. Sehingga tidak ada lagi aksi unjuk rasa untuk mendapatkan proyek.

“Kalau sudah terakomodir dengan baik sehingga tidak ada lagi yang namanya preman proyek, tidak ada lagi aksi jalanan yang notabenenya ujungan sama saja. Kalau sudah diakomodir, dimediasi, diberikan forum dari perusahaan hal itu akan lebih baik, sehingga semua berjalan lancar tanpa ada gaduh yang bisa menimbulkan penilaian negatif dari pihak luar,” papar Yudhis.

Pada pertemuan itu, Walikota Cilegon Edi Ariadi menuturkan, Pemkot Cilegon menginginkan adanya kenyamanan dalam berinvestasi. Karena itu ia mendukung langkah yang dilakukan oleh Polres Cilegon.

“Kita ingin pengusaha, akses kesehatan semua tidak ada masalah. Makanya dikumpulin,” ujar Edi.

Menurut Edi, iklim investasi kondusif mempunyai pengaruh besar dalam keberlangsungan ekonomi di Kota Cilegon. Untuk itu seluruh stakeholder diharapkan ikut berperan. (bayu mulyana)