Polres Pandeglang Lakukan Operasi, Puluhan Motor Ditilang

0
907 views
Anggota Satlantas Polres Pandeglang melakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan di Alun-alun Berkah Pandeglang, Sabtu (22/7) malam. Foto: Polres Pandeglang

PANDEGLANG – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pandeglang menggelar operasi patuh di Alun-alun Berkah Pandeglang, Sabtu (22/7) malam. Hasilnya, sebanyak 46 unit sepeda motor ditilang lantaran tidak dilengkapi surat kendaraan dan tidak menggunakan alat keselamatan.

Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polres Pandeglang Ajun Komisaris Polisi (AKP) Rahmat Sampurno mengatakan, operasi cipta kondisi yang dilakukan jajarannya bertujuan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dan melakukan penertiban terhadap para pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan alat keselamatan seperti helm. Operasi itu dilakukan oleh 30 personel. Selain dari lantas, operasi itu juga dilakukan bersama jajaran bagops dan reskrim. “Dilakukan untuk mencegah adanya miras, senjata tajam dan narkoba,” katanya, kemarin.

Rahmat mengaku, tingkat kesadaran masyarakat dalam berkendara masih rendah. Buktinya, banyak pengendara sepeda motor yang tidak membawa surat kelengkapan kendaraan seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan surat izin mengemudi (SIM). “Dari hasil operasi yang kita lakukan, banyak sekali warga yang tidak membawa surat-surat kendaraan, tidak menggunakan helm, membonceng lebih dari satu orang. Bagi yang melanggar kami berikan tilang di tempat,” katanya.

Apakah polisi menangkap kendaraan hasil curian? Rahmat mengatakan, personel Satlantas Pandeglang tidak mendapatkan adanya kendaraan bodong atau hasil curian. “Kalau untuk itu (kendaraan curian-red) enggak ada. Kita hanya mendapatkan pelanggaran yang terlihat secara kasatmata seperti tidak membawa SIM, STNK, tidak menggunakan helm, dan ugal-ugalan,” katanya.

Rahmat mengimbau semua warga Pandeglang agar menyadari pentingnya membawa surat kendaraan dan menggunakan alat keselamatan saat berkendara. Tujuannya, mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya. “Pengguna kendaraan dalam keadaan sehat, fit, tidak mengantuk, tidak dalam pengaruh obat atau alkohol, dan sebagainya. Kemudian kondisi kendaraan harus dilengkapi kelengkapan kendaraan seperti SIM, STNK, helm, spion, knalpot, dan standar. Harus siap menaati aturan dan etika tertib berkendara di jalan,” terangnya.

Kabagops Polres Pandeglang Komisaris Polisi (Kompol) M Mujib menerangkan, kegiatan yang dilakukan oleh jajaran Polres Pandeglang bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta mencegah adanya gangguan ketertiban. “Untuk operasi yang kita lakukan kemarin, tidak ada indikasi adanya barang membahayakan dan minuman keras. Kita hanya mengamankan puluhan sepeda motor karena tidak dilengkapi dengan surat-surat kendaraan. Kegiatan ini juga akan terus kita lakukan,” katanya. (Adib/RBG)