Polres Serang Kota Gelar Cipta Kondisi Pilkades

0
60

SERANG – Demi melancarkan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Serang, Polres Serang Kota menggelar cipta kondisi Pilkades Desa Sampir dan Desa Binangun, Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang, Senin (6/11) malam.

Kunjungan kerja ini dihadiri oleh Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin, Dandim 0602/Serang Letkol Czi Harry Praptomo, Camat Waringinkurung Nanang Supriyatna, Calon Kepala Desa Sampir dan Desa Binangun, Panitia Pilkades.

Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin mengatakan agenda kunjungan kerja malam tadi, merupakan silaturahmi dan bertatap muka dengan para Calon Kepala Desa yang akan melaksanakan aktivitas Pilkades.

“Memberikan imbauan tentang potensi yang mungkin bisa terjadi. Kalau tidak disikapi tentu menjadi potensi yang meluas. Kami sampaikan terkait penekanan apa yang harus dilakukan dan tidak boleh,” paparnya, Senin (6/11) malam, di Aula Kantor Camat Waringinkurung, Kabupaten Serang.

Potensi Pilkades yang rentan terjadi, dikatakannya seperti money politic. Timnya sudah bekerja ke lapangan untuk memantau tahapan demi tahapan, termasuk saat pencoblosan nanti.

Bila terjadi pelanggaran akan ditindak tegas sesuai hukum berlaku. Menurutnya, pesta demokrasi serentak ini, jangan sampai ada oknum kelompok dengan mengiming-imingi materi.

“Calon atau tim, pemberi dan penerima akan kami proses sesuai dengan hukum berlaku,” ujarnya.

Menurutnya, potensi konflik pada Pilkades ini dimana saja bisa terjadi. Apalagi era keterbukaan informasi secara luas tinggal bagaimana menyikapi agar tidak berkembang.

“Kami tidak akan mampu tanpa dukungan dari masyarakat. Mari secara bersama perkokoh ikatan di desa, menjaga jangan sampai ada hal-hal yang membuat keruh,” imbaunya.

Sementara itu, Camat Waringinkurung Nanang Supriyatna menyatakan Desa Binangun dan Desa Sampir akan melaksanakan Pilkades pada 26 November nanti.

“Kami mempunyai tugas untuk mensukseskan dan melancarkan Pilkades,” ungkapnya, Senin (6/11) malam.

Dikatakan, Pilkades menentukan masa depan dua desa. Ia menyarankan pada masyarakat jangan sampai salah pilih, dengan tergiur iming-iming uang.

“Saya percaya, kedewasaan masyarakat bisa ditunjukan sebaik-baiknya pada Pilkades ini,” ucapnya.

Dandim 0602/Serang Letkol Czi Harry Praptomo mengatakan semua wilayah di Kabupaten Serang yang akan melaksanakan Pilkades, harus solid bersinergi dengan unsur Muspika, tingkat kecamatan dan tingkat desa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami upayakan potensi yang dapat menimbulkan kerawanan dan harus dideteksi sedini mungkin,” ucapnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com)