AKBP Komarudin

SERANG – Polres Serang Kota yang telah terbentuk sesuai Surat Keputusan (Skep) Kapolri Nomor 1103/X/2016, tertanggal 16 Oktober 2016, bakal diresmikan pada akhir November ini dan mulai beroperasi pada Januari 2017. Saat ini, Polda Banten sedang mempersiapkan sarana dan prasarananya.

“Betul (Polres Serang Kota-red). Polres Serang Kota nanti yurisdiksinya mengikuti wilayah Kota Serang, sedangkan yurisdiksi Polres Serang di Kabupaten Serang,” jelas Kabid Humas Polda Banten Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Zaenudin, Jumat (18/11).

Berdasarkan Skep yang ditandatangani Kapolri Jenderal Tito Karnavian itu, tidak hanya enam polsek di wilayah Kota Serang yang di bawah kendali Polres Serang Kota. Enam polsek di wilayah Kabupaten Serang yang saat ini di bawah kendali Polres Serang juga akan dialihkan ke Polres Serang Kota. Yakni, Polsek Ciomas, Polsek Pabuaran, Polsek Padarincang, Polsek Waringinkurung, Polsek Kramatwatu, dan Polsek Baros.

“Secepatnya. Seperti Kabupaten Tangerang, harus diresmikan dan (polsek-red) diserahterimakan dulu. Personelnya nanti diambil dari Polda Banten, Polres Serang, dan jajaran,” kata Zaenudin.

Perwira menengah polisi yang dipercaya memimpin Polres Serang Kota pun telah ditunjuk. Kapolda Banten Brigadir Jenderal (Brigjen) Listyo Sigit Prabowo memercayakan jabatan Kapolres Serang Kota kepada Kasubdit Registrasi dan Identifikasi (Regident) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten AKBP Komarudin.

“Kapolda sudah menunjuk Plt (Pelaksana Tugas-red) Kapolres Serang Kota. Plt-nya Pak Komarudin,” tegas Zaenudin.

Saat ini, lanjut Zaenudin, Polda Banten bersama Pemkot Serang masih membahas gedung yang akan digunakan sebagai markas sementara Polres Serang Kota. “Kalau kantor Polres Serang sudah dibangun (di kawasan Puspemkab Serang di Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang-red), Polres Serang Kota akan berkantor di Mako Polres Serang (di Jalan Ahmad Yani, Kota Serang-red),” kata Zaenudin.

Plt Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin menambahkan, telah ada beberapa usulan kantor sementara Polres Serang Kota. Di antaranya, Gedung Juang 45 di kawasan Alun-alun Kota Serang di Kelurahan Cipare, Kecamatan Serang, atau bekas gedung Pengadilan Negeri Serang di Jalan KH Abdul Hadi Nomor 29, Kota Serang. “Sekarang masih dalam tahap penyusunan personel,” katanya.

Komarudin menegaskan, pembentukan Polres Serang Kota tidak akan mengganggu pelayanan kepolisian kepada masyarakat. “Termasuk kaitannya dengan kamtibmas. Kegiatan (kepolisian-red) harus tetap harus berjalan sesuai rencana,” tegas Komarudin.

Setelah diresmikan, personel Polres Serang Kota akan langsung mengemban tugas cukup berat untuk menciptakan situasi kondusif dalam rangkaian Pilgub Banten 2017. “Nantinya, tentu Polres Serang Kota akan bersama-sama dengan Polres Serang mengawal pilkada,” kata Komarudin. (Wanda/Radar Banten)