Polri Klaim Puncak Arus Mudik 2017 Lebih Baik Daripada 2016

0
830 views
Pelabuhan Merak.

JAKARTA – Polri mengklaim arus mudik telah melalui masa puncaknya. Hal ini diketahui setelah kepadatan terjadi pada Kamis (22/6) malam hingga menjelang Jumat (23/6) dini hari.

Wakapolri Komjen Syafruddin mengatakan, kepadatan itu adalah puncak arus mudik lebaran 2017. “Laporan tadi terakhir pukul 04.00 subuh, itu puncak arus mudik sudah anti klimaks. Klimaksnya itu tadi malam. Sekitar pukul 22.00 WIB sampai pukul 02.00 WIB dini hari,” ucap dia, Jumat (23/6), sebagaimana dilansir JawaPos.com.

Ia menerangkan, secara umum, mudik Lebaran tahun 2017 ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Meski sempat terjadi kepadatan di beberapa titik, namun dalam waktu tak begitu lama, kepadatan itu bisa terurai.

“Kepadatan ada di Cikopo, di Merak dan di Brexit. Namun, bisa terurai dengan baik. Subuh ini dapat laporan sepanjang arah timur, Cikopo, Brexit, Kaligangsa sampai dengan Grinsinging, Merak juga cukup landai sampai hari ini,” ungkapnya.

Dia menerangkan, sebanyak 187 ribu personel gabungan yang dikerahkan untuk mudik 2017 telah bekerja dengan baik di 1.112 titik layanan terpadu di seluruh Indonesia.

“Titik-titik krusial di Merak Bakauheni, Nagrek, Cikopo, lalu Brexit yang tahun lalu sempat masalah, itu cukup baik bisa terurai dengan cepat. Ada kepadatan sampai lima kilometer, dalam waktu kurang dua jam sudah bisa terurai,” terang dia.

Sementara untuk keamanan, juga kondusif. Penurunan angka kriminalitas jauh sekitar 20 sampai 30 persen. “Alhamdulillah ini berkat kerja sama masyarakat dan petugas keamanan, dan juga media yang terus memberikan informasi sehingga ini bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya. (elf/JPG)