POMNAS 2019: Petanque Banten Andalkan Dua Nomor

SERANG – Tim petanque Banten optimistis bisa mempersembahkan prestasi terbaiknya pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI 2019. Nomor double putra dan triple man menjadi andalan untuk mendapatkan medali emas.

Pelatih Petanque Tim Pomnas Banten, Cahyo Prakoso mengatakan, POMNAS XVI 2019 bakal berlangsung di DKI Jakarta pada Jumat (20/9) hingga Selasa (24/9). Cahyo mengatakan, tim petanque Banten telah siap bertanding sesuai jadwal.

“Kita akan turun full team. Mudah-mudahan tim petanque Banten bisa membawa hasil yang terbaik. Untuk target emas, kita ada di double putra atau di triple man. Yang jelas upaya sekuat tenaga akan kami lakukan,” kata Cahyo, Senin (16/9).

Dijelaskan Cahyo, atlet Banten yang diboyong merupakan orang-orang pilihan. Hasil seleksi ketat dari sejumlah perguruan tinggi dan para juara saat Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (Pomda) Banten 2018 lalu.

“Kita akan berangkat ke DKI Jakarta, tepatnya di UNJ hari Kamis (19/8). Atlet yang kita bawa ini seluruhnya hasil seleksi dari beberapa perguruan tinggi dan pemenang Pomda Banten. Serta ada tambahan pemain petanque dari Tangerang Selatan,” jelas Cahyo.

Cahyo optimistis pretasi atlet Banten dapat meningkat dibandingkan POMNAS 2017 di Makassar. Evaluasi saat latihan rutin serta motivasi terus diberikan jelang keberangkatan.

“Melihat prestasi saat POMNAS 2017, petanque Banten hanya masuk delapan besar. Kami semua berharap, setelah dua tahun pembinaan secara terus menerus bisa meningkatkan prestasi. Namun, tetap atlet tuan rumah, kemudian Sumatera Utara, Aceh, dan Jawa Timur perlu kita waspadai,” ungkap Cahyo.

Sekretaris Badan Pembinaan Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Banten Yayan S Ryan mengatakan, pada Pomnas tahun lalu prestasi Banten ada di cabang olahraga renang, basket, dan bulu tangkis. Namun, Pomnas tahun ini cabor lain juga punya peluang yang sama untuk berprestasi.

“Kita berharap, seluruh cabor yang diberangkatkan bisa berprestasi. Pemprov Banten menargetkan kontingen Banten bisa tembus lima besar di Pomnas 2019. Semoga target ini bisa tercapai. Kami minta doa dan dukungannya dari seluruh masyarakat Banten,” kata Ryan. (rbs/nda/ira)