PON 2020: Cricket Banten Incar Dua Emas

0
13.634 views

SERANG – Pengurus provinsi (Pengprov) Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Banten mengincar dua medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. Karenanya, kerja keras dilakukan sedini mungkin guna meningkatkan kemampuan atlet putra dan putri.

Diketahui, pada ajang Pra PON 2019 cabang olahraga (cabor) cricket, Banten menyegel dua tiket ke PON 2020. Tim putri Banten menempati peringkat kedua atau merebut medali perak. Sedangkan tim putra Banten bertengger di peringkat ketiga atau meraih medali perunggu.

Manajer tim cricket Pra PON Banten, Idma Eka Putra mengatakan, target yang diusung pada PON 2020 yaitu meningkatkan prestasi yang telah diraih saat Pra PON 2019. Harapannya, baik tim putra dan tim putri Banten bisa mempersembahkan medali emas.

“Harapan kami semoga dari cricket Banten bisa menyumbangkan dua medali emas di PON nanti. Dari tim putra satu emas, dan tim putri satu emas. Semua punya peluang yang sama. Kita akan berupaya,” kata Idma, Minggu (22/3).

Oleh karena itu, sambung Idma, besarnya harapan untuk meningkatkan prestasi juga dilakukan dengan meningkatkan latihan atlet pada program pemusatan latihan daerah (Pelatda) PON. Selain latihan teknik, atlet pun difokuskan meningkatkan kebugaran fisiknya melalui program fitnes.

“Untuk pelatda PON sudah berjalan sejak Desember, dan Januari kita ada penambahan program untuk fitnes atlet. Kalau fitnes rutin latihan setiap Rabu dan Jumat,” kata Idma.

Sementara itu, Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Cricket Banten, Komarudin mengatakan, penambahan program fitnes mengacu hasil evaluasi saat atlet criket Banten tampil pada ajang Pra PON 2019 di Lapangan Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (25/10) hingga Senin (4/10) lalu.

“Fitnes ini untuk meningkatkan kekuatan fisik, dan daya tahan tubuh atlet. Namun disamping itu, latihan teknik juga masih terus kita jalankan,” jelas Komarudin. (rbs)