PON 2020: Gulat Banten Targetkan Dua Emas

0
1.077 views

SERANG – Pengurus provinsi (Pengprov) Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Banten memasang target dua medali emas pada PON Papua 2020. Jumlah itu sama persis seperti yang diraih saat PON Jawa Barat 2016 lalu.

Ketua Umum (Ketum) Pengprov PGSI Banten, Harianto mengatakan, Desi Sinta dan Aji Hakiki masih menjadi pegulat andalan Banten untuk merebut emas. Kedua atlet itu juga yang menjadi penyumbang emas saat PON 2016.

“Kita masih mengandalkan pegulat lama. Desi Sinta dan Aji Hakiki. Kalau tidak ada halangan besar, target kita minimal bisa meraih dua medali emas. Mempertahankan prestasi yang diraih saat PON 2016 lalu,” kata Hariyanto, Rabu (26/2).

Seluruhnya, sambung Hariyanto, Pengprov PGSI Banten akan memboyong lima atlet untuk menghadapi PON Papua 2020. Tiga atlet lainnya yaitu Fauzul Adim, Dulman, dan Frija. Fauzul Adim lebih mencolok untuk bisa menambah raihan medali.

“Tapi saya memantau ada debutan baru yang tak kalah hebat. Fauzul Adim mudah-mudahan bisa menambah pundi medali. Karena melihat data basenya, dia punya top rekor. Mulai saat pelajar dan junior, Fauzul belum terkalahkan,” jelas Hariyanto.

Prestasi yang dikoleksi Fauzul bukan hanya di tingkat nasional. Tapi juga internasional. “Fauzul lima kali juara Kejurnas PPLP, dua kali juara Popnas, dan dua kali juara di kejuaraan Asia Junior. Jadi untuk melangkah ke senior, dia sudah hafal kekuatan lawannya,” ungkap Hariyanto.

Mengenai persiapan yang dilakukan lima atlet PON tersebut, Hariyanto mengaku berjalan dengan baik. Saat ini program latihan masih di persiapan umum. Tetapi, atlet 70 persen telah siap bertarung di Papua.

“Kita masih di tahap persiapan umum. Tetapi karena pasca PON Jabar 2016 lalu latihan rutin terus berjalan, jadi kondisi fisik dan mental atlet sudah sampai 70 persen. Kami minta dukungan dan doanya agar prestasi pegulat Banten bisa meningkat,” kata Hariyanto. (rbs/nda)