PON 2020, Perpani Banten Target Dua Emas

Atlet panahan Banten saat menggelar latihan rutin di Kota Serang, beberapa waktu lalu.

SERANG – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Banten bertekad meningkatkan prestasi pada PON 2020 di Papua. Merebut dua medali emas menjadi target bagi Pengprov Perpani Banten.

Diketahui, saat PON 2016 di Jawa Barat, Perpani Banten mempersembahkan satu medali emas dari nomor compoun beregu campuran atas nama Risda Amalia dan Indra Prasetyo.

“Dari cabang olahraga (cabor) panahan, kami menargetkan untuk mendapatkan dua medali emas di PON Papua nanti. Kami ingin terus meningkatkan prestasi,” kata Ketua Umum (Ketum) Pengprov Perpani Banten, Rita Prameswari Rivai, Minggu (15/3).

Untuk mengamankan target yang dicanangkan itu, sambung Rita, Perpani Banten telah menyiapkan sembilan atlet terbaik. Atlet tersebut telah teruji dengan menembua peringkat tiga besar pada ajang Pra PON 2019, September lalu.

Sembilan atlet tersebut masing-masing yaitu, Muhamad Subkhan, Danara dan Danang (tim compound putra), Risda, Sahara dan Ranti (tim compound putri), Ahmad Mumtaza (individu nasional putra), Arinda (individu nasional putri), dan terakhir Rayen Rafi Adi Putro (individu recurve putra).

“Untuk ke PON Papua nanti, kita akan memberangkatkan sembilan atlet. Mereka yang sudah berjuang menembus target KONI Banten yaitu tembus tiga besar pada babak kualifikasi PON tahun lalu,” jelas Rita.

Dikabarkan, PON 2020 di Papua akan digelar sekira akhir Oktober hingga November. Melihat waktu yang tersisa, Rita optimistis sembilan atlet panahan Banten itu mampu meningkatkan kemampuannya melalui program pemusatan latihan daerah (Pelatda) PON.

“Latihan atlet masih terus berjalan. Kita percaya semuanya punya semangat dan kemauan yang tinggi. Berlatih untuk meningkatkan kemampuan demi membawa nama harum Banten di kancah nasional,” kata Rita. (rbs)