Ponsel Polisi Kini Bisa Ngebrik

0
73

TANGERANG – Radio dua arah handy-talkie (HT) identik dengan teknologi kuno dibandingkan ponsel. Namun kini ngebrik lewat HT juga bisa ke ponsel. Hal itu bisa diterapkan Polresta Tangerang lewat inovasi interface gateaway.

Lewat teknologi dari Cisco Systems yang bernama IPICS, singkatan dari IP Interoperability Collaboration System 2.0, seluruh ponsel milik anggota Polresta Tangerang kini berkomunikasi lewat jaringan radio.

Inovasi ini juga mendapat apresiasi Wakapolda Banten Kombes Pol Tomex Kurniawan. Wakapolda bahkan menginstruksikan inovasi tersebut bisa diadopsi di wilayah hukum (wilkum) Polda Banten.

”Jangan malu dan jangan ragu. Jika memang itu bagus, maka kita harus tiru. Untuk interface gateaway tadi harus diadposi semua polres di Polda Banten,” kata Wakapolda di sela Gelar Operasional dan Anev GKTM Polda Banten triwulan III tahun 2017 di Aula Polda Banten, Rabu (1/11).

Wakapolda menambahkan, setiap satuan harus senantiasa mengembangkan inovasi demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat. ”Langkah ini kita buat agar masyarakat benar-benar merasakan kehadiran polisi di tengah-tengah mereka,” terangnya.

Kapolresta Tangerang AKBP M Sabilul Alif menjelaskan, inovasi itu memanfaatkan teknologi sistem interkoneksi antara radio dengan jaringan. ”Gelombang audio yang diterima oleh radio diteruskan ke jaringan dengan menggunakan interface dan dengan IP publik, maka di tempat yang terpisah audio tersebut dapat diterima, begitu pula sebaliknya,” kata Kapolres.

Dijelaskannya, inovasi ini tidak terbatas ruang dan waktu. Lebih mobile dan bisa digunakan kapan pun juga. Lewat inovasi ini, dirinya bisa selalu memantau anggota dimana pun mereka berada.

”Tentu, ini sebuah kehormatan karena inovasi Polresta Tangerang yaitu interface gateaway bisa bermanfaat untuk menunjang kinerja kepolisian,” tandasnya. (Togar/RBG)