Pontang Legon Butuh Tong Sampah dan Pot Bunga

TIRTAYASA – Warga RW 001 RT 03, Kampung Pontang Legon, masih sibuk mempersiapkan tong sampah dan pot bunga. Langkah warga kampung di Desa Pontang Legon, Kecamatan Tirtayasa, ini untuk menyambut penilaian tahap kedua Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang pada Senin (16/12) nanti.

Solik, staf Bidang Umum Pemerintah Desa Pontang Legon, mengatakan bahwa, pekan depan, tong sampah dan pot bunga itu sudah harus tersedia. Sebab, kegiatan penataan lingkungan Pontang Legon sesuai catatan tim juri LKBA saat penilaian tahap pertama, Selasa (19/11) lalu, akan dimulai pada pekan depan.

“Perencanaan penataan mulai minggu depan. Senin (9/12) atau Selasa (10/12), kita siapkan penataan bersama warga dan pemuda,” kata Solik saat berbincang dengan Radar Banten, Minggu (1/12). “Kita siapkan pot bunga sekitar 20 buah dari bahan plastik warna cokelat. Tong sampah sekitar 10 buah, dari ember bekas cat 25 kilogram,” jelas lelaki yang ditunjuk sebagai koordinator penataan Kampung Pontang Legon itu.

Peralatan pos ronda di kampung ini juga belum lengkap. “Kekurangan pos ronda, kentongan, jadwal ronda, dan juga penambahan bambu di bagian pinggirnya,” sebut Solik.

Menurutnya, pemerintah desa tidak mempermasalahkan jika Pontang Legon tak masuk nominasi juara LKBA. Partisipasi warga dan pemuda dalam menata kampung agar bersih dan aman adalah tujuan utamanya. “Semoga, setelah penataan ini, Pontang Legon ikut berpartisipasi menyukseskan lomba kampung bersih dan aman,” harap Solik.

Ketua Karang Taruna Desa Pontang Legon Abdullah membenarkan jika rencana penataan lingkungan di kampungnya itu berdasarkan kesepakatan warga. “Ada beberapa hal untuk penataan. Seperti tong sampah, umbul-umbul, pos ronda, dan kebersihan lingkungan,” katanya.

Abdullah berharap, kampungnya bisa menjadi nominasi juara lomba yang baru kali pertama digelar di Banten ini. Pontang Legon yang dilintasi Kali Mati bisa menjadi lingkungan yang bersih dan aman. (fdr/don)