Pontanglegon, Berwarna dan Bersih

0
477 views

TIRTAYASA – Warga RT 01, RW 001, Kampung Pontanglegon, Kecamatan Tirtayasa, terus memoles lingkungannya agar terlihat menarik. Hasilnya, perkampungan itu terlihat berwarna dan bersih. Siap dinilai oleh tim juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang, Senin (16/12) hari ini.

Ketika Radar Banten mengunjungi Pontanglegon, kemarin (15/12), warga sedang bergotong royong. Mereka menghiasi kampungnya. Tembok seperti dinding pagar rumah warga, dicat dan dihias dengan lukisan. Begitu pula dengan pos ronda. Jalan lingkungan di kampung itu dibersihkan. Tempat sampah untuk organik dan nonorganik telah dipasang di beberapa titik di jalan lingkungan Pontanglegon. 

Ketua RW 001, Kampung Pontanglegon, Sahwan menuturkan, kegiatan warganya itu karena tidak ingin mengulangi kesalahan pada penilaian tahap pertama, November lalu. Waktu itu, belum semua lingkungan dibersihkan dan dihias dengan cat warna-warni.

“Tapi, sekarang kampung kami sudah bersih dan berwarna,” katanya kepada Radar Banten.

Saat penilaian tahap pertama, Sahwan mendapat banyak saran dari tim 7 juri LKBA. Terutama soal penataan lingkungan dan keamanan serta pos ronda. Sebab, rumput liar dan ilalang masih mengotori pinggir jalan kampung. Pos ronda juga masih sederhana, belum dilengkapi peralatan keamanan. “Soalnya, waktu itu belum tahu mau diapakan dan dihias seperti apa kampung kami,” ujar Sahwan.

Tiga hari sejak penilaian tahap pertama, warga Pontanglegon mulai berbenah. Warga mengawalinya dengan membersihkan lingkungan kampung mereka, dari bagian depan hingga ke belakang kampung. “Sampah plastik, rumput, selokan, semua kami bersihkan,” terang Sahwan.

Pemerintah Desa Pontanglegon membantu warga yang secara swadaya mengumpulkan dana untuk membeli cat. Setiap malam hari, warga mengecat dan melukis tokoh-tokoh film kartun pada tembok pagar rumah warga dan jalan kampung. “Alhamdulillah, semua pada kompak buat persiapan menuju penilaian tahap kedua,” ujarnya.

Warga juga sudah menghias dua pos ronda di kampung itu. Peralatan dan sarana lainnya seperti kentungan, borgol, jadwal ronda, buku mutasi, dan alat pemadam kebakaran sederhana telah melengkapi pos ronda. “Insya Allah, semuanya sudah siap untuk dinilai oleh juri,” tegasnya.

Pembenahan lingkungan Pontanglegon rutin dipantau oleh pihak Kecamatan Tirtayasa. Tugas itu diberikan kepada Kasi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Tirtayasa Arifudin agar Pontanglegon tidak hanya siap dinilai. “Kita belajar pada penilaian tahap pertama. Dan hasilnya sekarang, sudah banyak perubahan. Lingkungan jadi rapi, bersih, dan berwarna,” ujar Arifudin. (mg06/don/ira)