Porkab Serang, Ajang Pencarian Atlet Potensial

Ketua KONI Kabupaten Serang Pujianto (dua dari kanan) memimpin rapat persiapan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Serang 2019, Kamis (1/8). Foto Wisnu For Radar Banten

SERANG – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Serang sedang mencari atlet baru potensial. Atlet potensial itu diharapkan muncul saat ajang Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Serang 2019 mendatang.

Porkab Serang rencananya digelar pada Oktober atau November mendatang. Peserta Porkab adalah utusan dari 29 kecamatan di Kabupaten Serang. “Kami akan mengali potensi atlet dengan mencari bibit atlet berprestasi dari 29 kecamatan yang ada di Kabupaten Serang,” kata Ketua KONI Kabupaten Serang Pujiyanto.

Pujiyanto mengusulkan agar aturan baru diterapkan pada ajang Porkab tersebut. Yakni, atlet yang bermain di Porprov dan meraih medali emas tidak boleh turun di ajang Porkab. Selain itu, atlet Porkab yang tiga kali berturut turut meraih emas juga diminta tidak ikut Porkab.

“Kami ingin menjaring atlet-atlet baru yang punya potensi untuk berprestasi ke-depan. Atlet yang sudah berprestasi, kami ingin punya regenerasi. Kami berharap beberapa aturan baru ini bisa membuat prestasi olahraga Kabupaten Serang ke depannya semakin bagus,” kata Puji, Kamis (1/8).

Peserta Porkab yang meraih medali, khususnya medali emas akan diprioritaskan masuk dalam pembinaan pengurus cabang (pengcab) olahraga di naungan KONI Banten. Tujuannya, agar para juara itu bisa terus mengembangkan diri dan bersiap membela nama daerah pada ajang Porprov Banten mendatang.

“Ini tujuan KONI Kabupaten Serang dari juara-juara Porkab nanti. Meski sejauh ini kami belum menentukan berapa cabor yang akan dipertandingkan di Porkab, masih akan dirapatkan lebih lanjut dengan panitia,” jelas Puji.

Sementara itu, Sekretaris Umum (Sekum) KONI Kabupaten Serang Sohari Hambali menerangkan, pelaksanaan Porkab Serang masih dalam tahap pematangan. Terkait waktu pelaksanaan dan jumlah cabor yang dipertandingkan, sedang dirumuskan kesiapannya.

“Dari 47 cabor yang ada di KONI Kabupaten, kita lihat kesiapannya seperti apa, mungkin tidak semua akan dipertandingkan di Porkab. Kita masih akan ada rapat lanjutan untuk kesiapannya, terkait juga waktu pelaksanaan,” kata Sohari (rbs/nda/ira)