Porkab Serang Karate, Persaingan Ketat

SERANG – Pertandingan cabang olahraga (cabor) karate pada Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Serang XIII 2019 berlangsung ketat. Selisih perolehan medali antar kontingen terpaut tidak jauh.

Dari 17 kecamatan yang mengirimkan atletnya, Kramatwatu sukses meraih gelar juara umum dengan mengantongi empat medali emas, tiga perak, dan satu perunggu. Cikande menduduki juara kedua dengan hasil dua emas, dua perak, dan enam perunggu. Cinangka sebagai juara ketiga mengoleksi dua emas, dua perak, dan lima perunggu. 

“Pesertanya dari 17 kecamatan. Kami rasa kekuatan dari masing-masing kecamatan sudah cukup merata. Itu bisa dilihat dari perolehan medalinya. Bersaing ketat, hanya selisih satu atau dua,” kata Ketua pelaksana cabor karate Porkab Serang 2019, Nilam, Jumat (13/11). 

Dijelaskan Nilam, sebanyak 17 nomor dipertandingkan pada ajang Porkab tersebut. Mulai dari kata perorangan putra, kata beregu putra, kumite putra, kata perorangan putri, kata beregu putri, dan kumite putri. Pertandingan berlangsung di SMPN 1 Kramatwatu. 

“Untuk Porkab ini sebenarnya lebih ke kelas senior. Tetapi ada kelas penambahan untuk kelas kumite yang paling bawah, masing-masing satu putra dan putri. Kalau yang putri -48 kilogram, dan putra -52 kilogram,” jelas Nilam.  

Untuk para atlet peraih juara, Nilam mengatakan terus mendapat pembinaan. Agar lebih berprestasi kedepannya. Tujuannya membawa harum Kabupaten Serang pada event yang lebih bergengsi. “Memang saat technical meeting dijelaskan, ini merupakan ajang pembinaan,” kata Nilam. 

Terpisah, Ketua Panitia Porkab Serang XIII 2019, Habibullah mengatakan, secara keseluruhan Porkab Serang 2019 diikuti oleh 3200 peserta dari 29 kecamatan di Kabupaten Serang. Mempertandingkan 18 cabang olahraga utama dan 22 cabang olahraga eksebisi. 

“Untuk pertandingan Porkab Serang XIII 2019 sudah kami mulai sejak 21 November dan akan selesai pada 30 November 2019. Alhamdulillah pelaksanaan berjalan dengan lancar,” kata Ketua Panitia Porkab Serang XIII 2019, Habibullah. (rbs)