SERANG-Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten masih setahun lagi. Namun, KONI Banten selaku steering committe (SC) atau panitia pengarah meminta kepada Kabupaten Tangerang segera mengirimkan daftar nomor yang akan dipertandingkan pada multi event olahraga empat tahunan tersebut.

Permintaan dikemukakan Wakil Ketua KONI Banten  Engkos Kosasih terkait penerbitan surat keputusan tentang nomor pertandingan yang akan dikeluarkan KONI Banten. “Sebelum dikeluarkan SK, KONI Banten selaku SC bersama Bidang Pembinaan Prestasi akan menelaah lebih dulu apakah ada nomor pertandingan yang berbeda dengan nomor yang dipertandingkan  pada PON atau tidak. Ini sesuai instruksi ibu ketua (Rumiah Kartoredjo-red) pelaksanaan Porprov harus mengacu pada pelaksanaan PON,” ujar Engkos, Jumat (8/12).

Kebutuhan daftar nomor pertandingan juga terkait dasar penganggaran baik yang dilakukan Kabupaten Tangerang, KONI Banten maupun Kabupaten dan Kota peserta Porprov. Jika SK nomor pertandingan sudah diterbitkan maka akan memudahkan pengajuan pendanaan dalam APBD.

“Seperti diketahui untuk penganggaran kegiatan tahun 2018 harus sudah dibahas dan dianggarkan pada 2017. Kalau telat penyerahan daftar kami khawatir menyulitkan daerah dalam penganggaran,” jelas Engkos.

Menanggapi permintaan KONI Banten, pihak Kabupaten Tangerang seperti diungkapkan Ketua KONI Kabupaten Tangerang HM Komarudin pihaknya tengah berpacu untuk menetapkan nomor pertandingan. Sejauh ini mereka telah mendapatkan nomor pertandingan dari technical delegate dan sedang disusun oleh panitia Porprov V untuk diserahkan kepada KONI Banten.

“Namun sebelum itu kami akan melakukan pertemuan lebih dulu dengan TD (technical delegate- red) untuk memastikan kembali nomor yang dipertandingkan sesuai dengan ketentuan yang ada. Karena dari daftar yang diserahkan TD masih ada nomor yang berbeda dari ketentuan yang digariskan KONI Banten,” ujar Komarudin.

Rencananya pertemuan digelar pada Rabu (13/12) pekan depan. Dari pertemuan tersebut, lanjut Komarudin akan dijadikan dasar penetapan nomor pertandingan yang diserahkan kepada KONI Banten. (Aris M/RBG)