Pos Ronda dan Taman Masuk Perencanaan Warga RT 02 Pasirkalapa

0
633 views

CIPOCOK JAYA – Pembangunan pos ronda dan taman bakal direalisasikan warga RT 02 RW 05, Lingkungan Pasirkalapa, Kelurahan Tembong, Kecamatan Cipocok Jaya. Beberapa kekurangan sesuai catatan juri saat penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 juga akan dipenuhi.

“Kemarin itu, yang menjadi catatan adalah kurangnya penghijauan di lingkugan sini. Pos ronda dan taman juga masih belum dibuat. Di tahap kedua nanti, pos ronda dan taman akan kami buat,” tegas Ketua RT 02 Romli pada Minggu (14/6).

Hanya saja, diakui Romli, penataan lanjutan di lingkungan RT-nya belum bisa dilakukan. Pembiayaan menjadi kendala terbesar warganya. Pandemi Covid-19 membuat warga RT 02 sulit untuk berswadaya.

“Kendalanya adalah pendanaan. Dana stimulan dari kelurahan (Rp5 juta per RT-red) tidak cukup untuk melakukan penataan lingkungan. Oleh karena itu, kami masih berupaya mencari solusinya,” ujar Romli.

Ketua RT 02 Fajrin Ramadhan pun mengakui jika warga di RT-nya kesulitan apabila harus berswadaya. “Selain karena Covid-19, warga Pasirkalapa juga banyak yang masuk kategori menengah ke bawah. Tapi apabila turut menyumbang tenaga, mereka siap membantu,” jelasnya.

Kendati demikian, beberapa warga RT 02 sudah ada yang memulai pengijauan dengan menanam pohon cabai dan pohon pisang di pekarangan rumahnya. “Masalahnya kambing. Kalau langsung diletakkan di pinggir jalan, nanti daun-daunnya dimakan oleh kambing semua,” tutup Fajrin. (rio/don)