Pos Ronda di Sukamaju, Aktif Lagi dan Berwarna

PABUARAN – Pos ronda di RW 07, Kampung Sukamaju, Desa Pancaregang, Kecamatan Pabuaran, diaktifkan kembali. Tempat warga berkumpul mengamankan lingkungannya ini telah dicat. Pemerintah Desa Pancaregang terus membenahi kampung ini demi mendapatkan hasil maksimal dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019.

Di Kampung Sukamaju, ada dua pos ronda. Warna keduanya dibuat seragam dengan cat merah dan hijau muda. Dua warna cerah menyala di dua pos ronda ini menambah suasana Sukamaju berbeda dari sebelumnya.

“Kita baru melakukan pengecatan pos ronda,” kata Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Pancaregang Endin Nasrudin kepada Radar Banten di ruang kerjanya, Jumat (4/10).

Pengecatan pos ronda oleh warga dan pemuda Sukamaju dilakukan setelah bergotong royong membersihkan lingkungan kampung mereka pada Minggu (22/9) lalu. Cat disediakan oleh Pemerintah Desa Pancaregang. “Biasanya, kerja bakti setiap hari Sabtu dan Minggu,” ungkap Endin.

Persiapan warga Sukamaju dengan gotong royong, menurut Endin, sudah dilakukan sejak pertengahan September 2019. Warga dan pemuda antusias dan kompak melaksanakannya. Dampak perlombaan yang digagas Radar Banten, Pemkab Serang, dan Polda Banten itu juga membuat siskamling di Sukamaju aktif kembali.

“Sebelumnya, pos ronda ramai pas malam Minggu doang. Sekarang, setiap malam sudah diatur jadwal jaganya,” jelas Endin.

Endin juga punya rencana untuk mengecat jalan di Sukamaju sepanjang 500 meter. Jalan lingkungan itu akan diwarnai dengan lukisan grafiti. Namun, karena Pemerintah Desa Pancaregang kekurangan dana, Endin akan mengajak warga Sukamaju swadaya membeli cat. “Nanti, kita adakan musyawarah dulu untuk swadaya pembelian cat,” tuturnya.

Pengadaan pot tanaman dari ban mobil bekas juga telah menjadi agenda Pemerintah Desa Pancaregang. Pot tanaman yang akan dicat warna-warni itu akan dibagikan ke setiap warga agar rumah-rumah di pinggir jalan lingkungan di Sukamaju. “Supaya suasananya tambah asri dan hijau,” katanya.

Ban bekas untuk pot bunga, terang Endin, akan disiapkan 15 buah dari bengkel di Desa Pancaregang. Tanamannya akan diambil dari kebun-kebun warga. “Pokoknya, kita upayakan kampung jadi indah dengan anggaran seminim mungkin,” tegasnya.

Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pancaregang Tasbini mengakui, Sukamaju belum bisa memenuhi empat persyaratan Lomba Kampung Bersih dan Aman. Kampung ini baru bisa memenuhi sistem keamanan lingkungan (siskamling) yang efektif. Sementara, tempat pembuangan sampah (TPS), kelompok pemuda sadar hukum, dan kelompok sadar lingkungan belum ada. “Tapi, kata Pak Endin sih nanti bakal segera dibentuk,” ujarnya.

Tasbini menambahkan, lantaran belum dilengkapi TPS, warga Sukamaju membuang sampah di belakang rumah masing-masing dan membakarnya. Tapi, ujarnya optimistis, “Insya Allah, (Sukamaju-red) juara. Yang penting, semua warga kompak dan sadar dengan pentingnya pola hidup bersih”. (mg06/don/ags)