Pos Ronda Jadi PR Warga Cengkok

CIPOCOK JAYA – Sarana dan prasarana keamanan lingkungan masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi warga Lingkungan Cengkok, RT 05 RW 03, Kelurahan Banjar Agung, Kecamatan Cipocok Jaya. Pos ronda di perkampungan ini rusak.

Ketua RT 05 RW 03, Lingkungan Cengkok, Khaerul tidak memungkiri jika pos ronda di kampungnya tidak layak digunakan lagi sebagai pusat pengamanan lingkungan. Makanya, warga berencana membangun pos ronda baru.

“Yang lama udah rusak. Rencananya bangun pos ronda baru menggunakan dana hasil swadaya warga RT 05,” jelas Khaerul, Rabu (25/3).

Keterbatasan ini, diklaim Khaerul, tidak menghalangi kegiatan warganya mengamankan lingkungan. Sesuai jadwal, setiap malam hari, warga RT 05 melaksanakan ronda.

Menghadapi Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, lingkungan RT 05 akan dibenahi dan ditata. Secara umum, kata Khaerul, warganya akan melakukan pemagaran dan pengecatan jalan. Pengurus RT juga meminta warganya melakukan penghijauan di halaman rumah masing-masing.

“Pagar sudah mulai dibuat. Ada beberapa warga yang ditugaskan membuat pagar. Warga yang lain nanti turun, ikut gotong royong yang lain,” ujar Khaerul.

Soal kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok sadar hukum, Khaerul mengaku, tidak kesulitan membentuknya. “Kelompok sadar hukum akan melibatkan pemuda. Untuk kelompok sadar lingkungan, ada kader posyandu. Tinggal dibentuk ulang dan di-SK-kan oleh kelurahan,” tutupnya.

Whisnu, Kasi Pemerintahan Kelurahan Banjar Agung, menyampaikan, pihaknya telah mendaftarkan enam RT untuk mengikuti LRLA Kota Serang 2020. “Lingkungan Bogeg, RW 02, yang diikutkan RT 01, RT 02, RT 04, dan RT 06. Di Lingkungan Cengkok, RW 03, yang diikutkan RT 01 dan RT 05. Semua satu jalur, biar penataannya enak,” katanya. (rio/don)