Pos Ronda RT 04 Pasirjambe Tak Lagi “Kandang Ayam”

0
482 views

KIBIN – Pos ronda RT 04 RW 01, Kampung Pasirjambe, Desa Nambo Ilir, Kecamatan Kibin,  tidak bisa diremehkan lagi. Warga telah mengubahnya menjadi lebih representatif. Lebih indah.

Pos ronda itu menjadi modal bagi RW 01 di ajang Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Karena tekad warganya, RT 04 meraih juara pertama Lomba Keamanan tingkat Desa Nambo Ilir.

Ketua RT 04 Romli mengakui jika sebelum mengikuti lomba keamanan untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-75, pos ronda kampungnya sering menjadi bahan ejekan warga RT lain.  

“Awalnya, pos ronda di sini suka di-bully sama kampung lain, disebut kandang pitik (ayam-red). Tetapi sama warga, ejekan itu bisa dijadikan motivasi untuk membuktikan bahwa pos ronda Kampung Pasirjambe bisa bersaing dengan pos ronda yang lain. Hasilnya, kami berhasil meraih juara satu lomba keamanan tingkat desa,” kata Romli.

Pos ronda RT 04 berada di pinggir jalan masuk menuju kampung ini. Warga membangunnya semi permanen dengan memanfaatkan kayu palet.

Pos ronda ini tidak hanya dilengkapi peralatan keamanan. Tempat cuci tangan pun disediakan. Di samping pos ronda, warga membuat seperti taman kecil. 

“Kami membuat taman berdampingan dengan pos ronda. Nanti juga akan dibuat perpustakaan mini,” tambah Romli.

Ketua RW 01 H Marjuki menambahkan, saat ini penataan lingkungan kampungnya masih difokuskan di sekitar pos ronda. Setelah selesai, warga berencana membuat taman bermain, melakukan penghijauan dan pengecatan.

“Untuk pemagaran dengan bambu, tidak terlalu banyak, karena rumah di Kampung Pasirjambe rata-rata sudah dipagar permanen. Kami tinggal fokus penghijauan dan pengecatan,” jelasnya. (rio/don)