Pos Ronda RT 05 Pengulah Dibuat Cantik

0
902 views

WALANTAKA – Warga RT 05 RW 03, Lingkungan Pengulah, Kelurahan Kepuren, Kecamatan Walantaka, sudah mempercantik pos rondanya. Kampung ini tinggal menambah penghijauan di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Waktu penilaian tahap pertama, awal Mei 2020 lalu, pos ronda RT 05 masih polos. Bangunannya berupa saung dengan cat yang sudah luntur. Tak ada kentongan. Kondisinya penuh debu.

Begitu pun dengan lingkungannya. Tak ada pemagaran, selokan kotor, bahkan masih terdapat sampah plastik di jalan.

Namun, sekarang telah berubah. Pos ronda di perkampungan yang mayoritas warganya berprofesi sebagai karyawan pabrik dan pedagang ini, terlihat cantik dengan cat warna-warni. Selokannya pun telah bersih, serta pagar bambu dipasang di sepanjang jalan 300 meter. RT 05 lebih tertata.

Ketua RT 05 Suhadi mengaku jika pada penilaian tahap pertama, pihaknya telat melakukan penataan. Alasannya, karena dana stimulan dari Pemkot Serang sebesar Rp5 juta terlambat diterima pengurus RT.

Setelah Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, warga RT ini baru bergerak. ”Awalnya, kita fokus bersih-bersih lingkungan dulu. Soalnya, dulu mah sampah banyak berserakan,” kata Suhadi kepada Radar Banten, Kamis (6/8).

Setelah bebersih lingkungan, warga membuat pagar dari bambu yang dicat warna-warni. Pekerjaan ini dilakukan bapak-bapak dan pemuda pada malam hari. Pagi dan siang harinya, gantian ibu-ibu menyapu halaman rumah mereka.

”Pas sudah beres pemagaran, baru ingat kalau pos ronda belum diapa-apain,” kata Suhadi.

Padahal, waktu penilaian tahap pertama, tim juri dari perwakilan Polres Serang Kota sudah menegur dan meminta agar pos ronda direnovasi dan dilengkapi alat keamanannya.

”Karena dana stimulan sudah habis, akhirnya kita galang dana. Swadaya warga,” terangnya.

Dari dana swadaya itu, warga mempercantik pos rondanya. Di depan pos ronda, dilengkapi tempat duduk untuk bersantai, serta beberapa tanaman hias. ”Kita tinggal lengkapi alat keamanannya,” jelas Suhadi.

Lurah Kepuren Subhan mengaku akan membantu penghijauan di RT 05. Ia akan menambah penghijauan dengan menempatkan tanaman hias dalam pot di sepanjang jalan. ”Semoga, tim juri puas dengan hasil penataan di RT 05 ini,” harapnya. (mg06/don)