Pos Ronda RT 07 Segera Direnovasi

0
1.081 views

TAKTAKAN – Pos ronda, saat ini, tengah menjadi perhatian warga Lingkungan Pereng Bunut, RT 07 RW 04, Kelurahan Cibendung, Kecamatan Taktakan. Tempat warga memusatkan kegiatannya mengamankan lingkungan ini bakal direnovasi.

Kondisi pos ronda RT 07 ini memang bisa menurunkan poin saat penilaian Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Material bangunan berukuran 3 x 4 meter persegi itu mulai lapuk. Atapnya bolong-bolong. Tidak ada jadwal ronda, kentongan, dan alat keamanan lainnya di pos ronda ini.

Ketua RT 07 Mahrus Ali mengakui, sistem keamanan lingkungan (siskamling) di RT-nya sudah lama mati suri. Pos ronda hanya digunakan untuk nongkrong anak-anak muda atau tempat ngopi warga tanpa kegiatan ronda malam.

“Makanya, nanti kita renovasi pos ronda,” tandas Mahrus kepada Radar Banten, Jumat (24/4).

Rencananya, renovasi dimulai dengan mengganti fondasi pos ronda, mengecat, membuat jadwal ronda, membuat kentongan, dan melengkapi peralatan keamanan lainnya.
Dengan pos ronda yang ideal, Mahrus berharap, warganya kembali semangat menjalankan kegiatan siskamling.

“Secepatnya bakal kita renovasi, supaya aktif lagi rondanya,” ujarnya.

Penataan lingkungan RT 07 yang dihuni 200 jiwa dari 37 kepala keluarga (KK) ini, kata Mahrus, sudah dilakukan warganya pada Maret 2020. Warga bergotong royong membersihkan lingkungan serta membuat lis warna-warni di pinggir jalan sepanjang 200 meter. “Karena kelamaan, catnya udah luntur,” kata Mahrus.

Warga RT 07 juga akan melakukan penghijauan dengan memasang pot tanaman di pinggir jalan. Tanamannya, cabai dan tomat. Ada pula pot bunga untuk penghias. “Supaya kelihatannya rapi dan indah,” harapnya.

Lurah Cibendung Nanang Suryana menilai, LRLA Kota Serang merupakan lomba yang mampu mengembalikan semangat gotong royong warga dalam hal kebersihan dan keamanan lingkungan. “Kita munculkan lagi siskamling dan Jumat bersih,” tandasnya.

Nanang menghimbau agar warga RT 07 mampu memaksimalkan potensi lingkungannya yang sudah asri agar menjadi lebih menarik. “Soal penataan, saya serahkan ke RT dan RW. Silakan dibuat sekreatif mungkin,” pungkasnya. (mg06/don)