Pos Ronda RT 12 Jadi Berwarna

0
1.449 views

WALANTAKA – Kini, pos ronda di RT 12 RW 003, Lingkungan Cigabug, Kelurahan Cigoong, Kecamatan Walantaka, berwarna. Sejak RT ini didaftarkan menjadi peserta Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, warganya langsung merenovasi pos ronda.

Sebelum diperbaiki, kayu-kayu pos ronda berukuran 5 x 4 meter persegi itu lapuk. Atapnya jebol. Namun, sekarang sudah berbeda. Pos ronda di pinggir jalan penghubung Cigabung-Cimuncang ini lebih mentereng. Semarak dengan cat warna-warni.

Peralatan keamanannya pun ditambah. Di antaranya, kentongan dan jadwal ronda. ”Warga merenovasi pos ronda, akhir Februari, sebelum ada larangan berkumpul untuk cegah penyebaran corona,” terang Lurah Cigoong Retno Damayanti kepada Radar Banten, Jumat (17/4).

Sejak LRLA digulirkan oleh Pemkot Serang, lanjut Retno, warganya juga mulai aktif menjalankan kegiatan siskamling. Setiap malam, dari pukul 22.00 WIB hingga 04.00 WIB, ada lima orang yang ronda. “Alhamdulillah, jadi aman,” katanya.

Retno mengaku, pihaknya belum membentuk kelompok pemuda penggerak lingkungan dan kelompok penggerak sadar hukum. Namun, ia memastikan, dua kelompok ini telah terbentuk dan disahkan sebelum sebelum penjurian LRLA dimulai. “Saya koordinasikan dulu dengan RT dan aparat kepolisian setempat,” ujarnya.

Ketua RT 012 Sujai menambahkan, warganya akan membuat pagar dari bambu di sepanjang jalan sekira 300 meter. Bambunya akan dibeli dari kebun warga dengan harga murah. “Mungkin, minggu depan, kita mulai bikin pagar,” katanya. (mg06/don)