Positif Corona di Kabupaten Tangerang Jadi 27 Orang

0
2.807 views
Hendra Tarmizi

TIGARAKSA – Jumlah pasien positif corona (covid-19) di Kabupaten Tangerang terus bertambah. Kini tercatat ada 27 orang yang positif corona. Jumlah tersebut berdasarkan data dari website resmi gugus tugas penanganan covid-19 Kabupaten Tangerang.

Dari data yang tersaji Sabtu (4/4) lalu, disebutkan dua orang meninggal dan satu orang sembuh. Sebelumnya, pada Jumat (3/4) tercatat jumlah positif 18 orang dengan dua orang meninggal dan satu sembuh.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi membenarkan, adanya penambahan jumlah pasien positif covid-19 tersebut. “Penambahan jumlah positif ini berasal dari pasien dalam pemantauan (PDP) yang menjalani perawatan di berbagai rumah sakit. Salah satu faktor membuatnya positif yakni daya tahan tubuh yang menurun setelah menjalani perawatan 14 hari,” katanya saat dikonfirmasi Minggu (5/4).

Hendra menegaskan, penambahan jumlah positif tersebut bukan hasil dari rapid test yang dilakukan tenaga medis di 23 rumah sakit pemerintah dan swasta di Kabupaten Tangerang. “Rapid test itu untuk memeriksa antibody, bukan untuk memastikan terpapar covid-19 atau tidak,” tegasnya.

Sementara sembilan pasien positif tambahan tersebut, kata Hendra, sedang menjalani perawatan di rumah sakit rujukan di luar Tangerang. Di samping itu, penyebaran corona di Kabupaten Tangerang kian masif. Dari 29 kecamatan, tercatat 28 kecamatan diantaranya sudah terjangkit covid-19. Tetapi, masih ada satu kecamatan yang masih bersih dari corona yakni Kecamatan Gunung Kaler.

Hal tersebut, berdasarkan data sebaran wabah Covid-19 pada covid19.tangerangkab.go.id. Sementara sebaran paling banyak berada di Kecamatan Kelapadua dengan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 95 orang, PDP 19 orang, positif 11 orang dan meninggal tiga orang. “Belum adanya kasus di wilayah tertentu ada berbagai faktor. Salah satunya mungkin belum terdeteksi atau terlaporkan,” tukas Hendra.

Terpisah, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tangerang Hery Heryanto membenarkan adanya penambahan jumlah tersebut. Tetapi, ia menyerahkan kepada Kepala Bidang P2P Hendra Tarmizi terkait data tersebut. “Ke dokter Hendra aja, dari kemarin dan hari ini saya mengurusi yang lain,” singkatnya, Minggu (5/4).

Secara keseluruhan, jumlah kasus di Kabupaten Tangerang kini mencapai 388 orang. Dengan 288 orang berstatus ODP, 73 orang berstatus PDP, serta 27 kasus terkonfirmasi positif. (mg-04/asp)