PPP Merapat ke Tatu

0
881 views
Ketua DPC PPP Kabupaten Serang Heri Azhari memberikan rekomendasi kepada Ratu Tatu Chasanah di Sekretariat DPC PPP Kabupaten Serang, Kependean, Kota Serang, Senin (2/3).

SERANG – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberikan rekomendasi dukungan kepada calon petahana Ratu Tatu Chasanah untuk maju di Pilkada 2020. Meski demikian, rekomendasi itu baru muncul dari pengurus tingkat daerah. Belum dari pengurus pusat.

Rekomendasi dukungan diberikan di Sekretariat DPC PPP Kabupaten Serang, Kepandean, Kota Serang, Senin (2/3). Turut menyaksikan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPW PPP Provinsi Banten Subadri Usuludin.

Ketua DPC PPP Kabupaten Serang Heri Azhari mengatakan, rekomendasi itu berdasarkan hasil Musyawarah Kerja Cabang (Mukercab) PPP Kabupaten Serang beberapa waktu lalu. Hasil Mukercab merekomendasikan bakal calon bupati dari kader eksternal dan bakal calon wakil bupati dari internal.

Ia menjelaskan, ada tiga kader internal yang direkomendasikan untuk menjadi bakal calon wakil bupati mendampingi Tatu. Yakni, mantan ketua DPW PPP Provinsi Banten Agus Setiawan, Bendahara Umum PPP Provinsi Banten Muflihah, dan dirinya. “Ini sudah menjadi keputusan partai melalui mukercab. Jadi bukan keputusan saya pribadi,” katanya.

Meski demikian, ia tidak menampik masing-masing partai politik juga menyodorkan sosok untuk mendampingi Tatu di pilkada. Ia menyerahkan pilihan itu kepada Tatu. “Yang pasti, kita sudah ajukan rekomendasi kita ke DPP, sekarang tinggal tunggu SK (surat keputusan-red) saja,” ujar mantan anggota DPRD Kabupaten Serang itu.

Ratu Tatu Chasanah menyambut baik dukungan PPP. Selain dari PPP, ia mengaku sudah mengantongi rekomendasi dari dua parpol lain yakni PDI Perjuangan dan Partai Bulan Bintang (PBB). “Persoalan wakil bupati, itu nanti akan kita bahas bersama-sama. Kan seperti diketahui, dari PDIP juga merekomendasikan saya bersama Pak Pandji,” katanya.

Plt Ketua DPW Provinsi Banten Subadri Usuludin mengatakan, pihaknya mendukung segala keputusan yang diambil oleh DPC Kabupaten Serang. Termasuk memberikan rekomendasi dukungan kepada Tatu. “Apalagi hubungan saya dengan Bu Tatu sudah sejak lama. Saya ini kan anak Bu Tatu yang nakal,” kata mantan kader Partai Golkar ini saat menyampaikan sambutan.

Kendati demikian, Wakil Walikota Serang ini mengatakan, pihaknya akan membahas rekomendasi itu di rapat tingkat DPW PPP Provinsi Banten. “Tentu ini ada mekanismenya. Kita akan rapatkan bersama, termasuk untuk kabupaten kota lain yang mau pilkada,” ujarnya.

Sementara itu, bakal calon bupati lain yakni Eki Baehaki pada penyampaian visi-misi di Partai Demokrat pada Jumat (28/1) merasa optimistis akan direkomendasikan oleh Partai Demokrat. Menurutnya, hal itu sesuai dengan keinginan dari Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk memunculkan kader internal di pilkada. “Sesuai dengan apa yang disampaikan Pak SBY pada beberapa kesempatan. Beliau ingin ada kader internal yang maju di pilkada. Masa saya sebagai kader internal tidak didukung,” kata Eki.

Sementara dari kubu lain semakin menggencarkan pembentukan koalisi untuk melawan petahana. Seperti yang dilakukan beberapa parpol yang sudah membangun Koalisi Perubahan terdiri atas Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Berkarya. Mereka terus melakukan komunikasi dengan partai lainnya untuk bergabung.

Seperti yang disampaikan Ketua DPW PKS Provinsi Banten Sanuji Pentamarta kepada Radar Banten, pekan lalu. Pihaknya terus melakukan komunikasi dengan partai yang belum menyatakan dukungan politik untuk bergabung. Terutama, dengan Partai Gerindra dan Partai Demokrat. (jek/aas/ags)