PR Warga RT 05 Jemakamasjid Masih Banyak

0
641 views

CURUG – Pekerjaan rumah (PR) warga RT 05 RW 03, Lingkungan Jemakamasjid, Kelurahan Cilaku, Kecamatan Curug, masih banyak. Untuk bisa memenuhi semua kategori penilaian Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, warga RT ini harus kerja keras.

Dari pantauan, Selasa (9/6), belum tampak penataan yang signifikan di RT 05. “Kami baru mulai (penataan lingkungan-red) seminggu terakhir. Ya karena aktifitas warga di hari kerja cukup banyak. Kami bergotong royong hanya pada hari Sabtu dan Minggu. Saat ini, yang sudah dilakukan adalah pemagaran, membuat pos ronda, dan pengecatan di sebagian wilayah,” kata Ketua RT 05 Rian Sasmi Ramadhan.

Rian mengakui jika penataan lingkungannya masih jauh dari kata selesai. Masih banyak yang belum dilakukan untuk membuat lingkungan RT-nya resik dan aman. Makanya, gotong royong warga akan ditingkatkan agar penataannya bisa selesai sebelum penilaian tahap kedua pada Agustus 2020. Paling tidak, Agar bisa berkompetisi dengan RT lain, RT 05 harus bisa memenuhi semua kategori lomba sampai akhir Juli mendatang.

“Gotong royong Sabtu-Minggu itu kami lakukan siang-malam. Karena kalau di hari kerja, warga tidak bisa. Makanya, hari Sabtu dan Minggu pasti dikebut. Saya bersyukur, pemuda di sini sangat aktif, bisa bahu-membahu dengan bapak-bapak untuk menata lingkungan,” tutur Rian.

Untuk melengkapi alat kelengkapan pos ronda, menurut Rian, pihaknya dibantu babinsa dan bhabinkamtibmas Kelurahan Cilaku.

“Alhamdulillah, babinsa dan bhabinkamtibmas turut menyumbang. Bhabinkamtibmas menyumbang borgol, pentungan, dan senter. Babinsa menyumbang dua unit HT (Handy Talkie-red) untuk komunikasi ketika ronda malam. Cuma, untuk HT masih belum datang, karena belinya secara online,” tambah Rian. 

Warga RT 05 Syukri menambahkan, peran pemuda di RT-nya tidak hanya dengan tenaga. Pemuda RT 05 juga mengeluarkan uang kas untuk membantu biaya penataan lingkungan mereka.

“Mereka (pemuda RT 05-red) mengeluarkan uang kas sekitar Rp4 juta untuk biaya membuat pos ronda yang baru. Mereka juga membantu gotong royong siang-malam kalau Sabtu-Minggu,” jelas Syukri. (rio/don)