PR Warga RW 01 Bangkongmasjid Selanjutnya, Taman Bunga

0
227 views

CIKEUSAL – Taman bunga telah menjadi kesepakatan warga. Pengerjaannya akan dilakukan pemuda dan ibu-ibu. Pekerjaan rumah (PR) warga RW 01, Kampung Bangkongmasjid, Desa Sukarame, Kecamatan Cikeusal, itu dikerjakan setelah pemagaran jalan rampung.

Saat Radar Banten mengunjungi kampung ini, Selasa (13/10) siang, warga baru selesai gotong royong membuat dan memasang pagar. Ya, pagar bambu telah terpasang di pinggir jalan di RW 01. Dengan pagar bercat merah dan putih, jalanan tampak rapi.

Ketua RT 01 Adam Saputra mengatakan, warga sudah mulai gotong royong sejak dua pekan lalu. Pemuda di kampung ini ikut membantu mengambil batang bambu di kebun. Pembuatan dan pemasangan pagar dilakukan oleh bapak-bapak RW 01.

”Ibu-ibunya menyiapkan makanan, semua kompak,” kata Adam.

Ia pun menyampaikan rencana warga selanjutnya. Yakni, pembuatan taman bunga. Warga akan memanfaatkan lahan kosong seluas 20 x 15 meter persegi.

Taman bunga ini, menurut Adam, telah menjadi keinginan warganya sejak lama. Dengan taman bunga itu, warga RW 01 ingin kampungnya ikut viral di media sosial. ”Kalau taman mah saya serahin ke pemuda sama ibu-ibu,” ujarnya.

Para pemuda bertugas membuat konsep taman bunga serta spot foto. Sementara, ibu-ibu warga kampung ini bertugas menyiapkan tanaman bunga. ”Tanaman bunganya nyari di kebun. Banyak sih (bunganya-red), yang ada ajalah,” tutur Adam.

Kepala Desa Sukarame Nana Suryana mengaku tak sabar ingin melihat hasil penataan lingkungan RW 01. Terutama, taman bunga yang diidamkan warga. ”Enggak sabar pengen foto di taman bunga,” ungkapnya.

Nana mengingatkan agar warga tidak hanya fokus pada penataan fisik. Peralatan keamanan di pos ronda, persyaratan administrasi seperti dokumentasi kegiatan warga bergotong royong serta pembentukan kelompok sadar hukum dan kelompok penggerak lingkungan juga harus diperhatikan oleh warga RW 01.

”Saya juga sudah imbau warga untuk mengajukan nama-nama kelompok sadar hukum dan kelompok sadar lingkungan untuk di-SK-kan,” kata Nana. (mg06/don)