Pra PON 2019, Dayung Sumbang Tiga Medali

TANGERANG – Tiga medali disumbangkan oleh atlet dayung Banten dari ajang Pra PON 2019. Medali emas, perak, dan perunggu itu diraih dari nomor kayak, kano slalom, dan perahu naga jarak 200 meter.

Ajang Pra PON 2019 yang berlangsung di Situ Cipule Karawang, Jawa Barat, Senin (16/12) hingga Minggu (22/12) itu, medali emas dan perunggu dipersembahkan oleh Arifal.

Sementara perak dari nomor perahu naga dipersembahkan oleh 12 atlet yang terdiri dari M Fajar Faturahman, Arif, Arifal, Sara Yusuf, Hafidz, Tuah Micho, Robidin Salam, Rully Saputra, Rully Farissi, M Ali Sobirin, Aldi Nurjanah, dan Sahdam.

Atas hasil tersebut, Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Banten menyegal tiga tiket ke PON Papua 2020. Sesuai persyaratan KONI Banten menembus peringkat tiga besar pada ajang Pra PON. “Kami sangat bersyukur atas prestasi yang ditorehkan atlet dayung Banten pada Pra PON 2019 ini. Mereka telah berusaha maksimal untuk mempersembahkan hasil yang terbaik,” kata Pelatih dayung Banten Ahmad Yaman, Kamis (26/12).

Yaman berharap medali yang diraih saat Pra PON 2019 bisa terus ditingkatkan saat PON Papua 2020. Khusus Arifal yang merebut medali emas, harapannya bisa terus dijaga. “Awal Januari atlet sudah memulai latihan sebagai persiapan menghadapi PON 2020. Tidak ada waktu untuk bersantai, waktu yang tersisa harus dimanfaatkan sebaiknya. Kami akan berusaha lebih keras,” ungkap Yaman.

Atlet dayung Banten, Fajar mengucapkan syukurnya bisa berpartisipasi merebut tiket ke PON 2020. Peraih medali perak Asean Games 2018 dan emas SEA Games 2019 ini mengaku akan berupaya meningkatkan prestasinya saat PON 2020 nanti.

“Untuk Pra PON bersyukur saya juga lolos. Semoga di PON 2020 kembali meraih prestasi. Saya akan berusaha semakimal mungkin. Saya ingin mengikuti jejak keluarga yang memang aktif di olahraga dayung,” jelas Fajar. (rbs/nda/ags)