Pra PON Muaythai: Segel Enam Tiket ke PON

0
690 views

SERANG – Pengurus Provinsi (Pengprov) Muaythai Indonesia (MI) Banten menyegel enam tiket ke PON Papua 2020. Tiket itu berasal dari empat medali emas pada Pra PON 2019 dan dua atlet menerima wildcard dari PB MI lantaran turut membela Indonesia pada SEA Games 2019 di Filipina.

Ajang Pra PON 2019 itu berlangsung di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta.

Empat medali emas itu diraih Dwi Rahmawati di kelas 48 kilogram putri, Mia Amalia di kelas 51 kilogram putri, Sandi Hidayat di kelas 75 kilogram putra, dan Isnawati di kelas 45 kilogram putri. Sedangkan dua atlet menerima wildcard dari PB MI yaitu Sulaeman di kelas 48 kilogram putra dan Madlani di kelas 54 kilogram.

Ketua Pengprov MI Muaythai Banten Roni Alfanto mengapresiasi prestasi gemilang yang ditorehkan atlet muaythai Banten pada babak kualifikasi PON yang digelar sejak Rabu (13/12) hingga Jumat (22/12) itu. “Hasil yang diperoleh atlet muaythai Banten sudah mencapai target yang kami inginkan. Anak-anak telah berjuang sekuatnya untuk memberikan yang terbaik. Perjuangan ini patut kita apresiasi,” kata Roni, Minggu (29/12).

Selain medali emas, kontingen Muaythai Banten juga meraih tiga medali perunggu pada ajang Pra PON 2019 tersebut. Namun, karena Pra PON muaythai menggunakan sistem zonasi, peraih perak belum bisa dipastikan akan berangkat ke PON Papua 2020.

“Kalau secara keseluruhan, atlet kami mendapatkan tujuh medali di Pra PON. Empat emas dan tiga perak. Perak diraih Ridwan (kelas 45 kilogram putra), Dede Dina Mariyana (kelas 54 kilogram putri), dan M Rizal (kelas 63 kilogram),” jelas Roni.

Roni berharap, KONI Banten memberi kebijakan sehingga atlet peraih medali perak juga akan diberangkatkan ke PON Papua 2020. “Semoga KONI Banten bisa melihat dari sisi berbeda dan mengakomodir atlet perak kami,” harap Roni.

Atlet muaythai Banten, Sulaeman mengaku akan memanfaatkan wildcard yang didapat dengan sebaik-baiknya. Dengan sisa waktu yang ada, peraih emas Kejurnas Muaythai 2018 ini berharap mempersembahkan emas pada PON Papua 2020 nanti. “Kalau saya tidak ikut Pra PON, karena sudah mendapatkan wild card untuk ke PON 2020. Semoga nanti di PON saya bisa mempersembahkan prestasi yang terbaik untuk Banten. Saya akan berusaha,” kata Sulaeman. (rbs/nda/ags)