Pra PON, PBSI Banten Boyong 13 Atlet

SERANG – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Banten bakal memboyong 13 atlet terbaiknya pada ajang Pra PON 2019. Perebutan tiket PON cabang olahraga (cabor) bulu tangkis itu dijadwalkan berlangsung di Surabaya, Senin (4/11) hingga Sabtu (9/11).

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengprov PBSI Banten, Irham Idrus mengatakan, 13 atlet tersebut terdiri dari delapan atlet putra dan lima atlet putri. Dua di antaranya merupakan atlet pelatda jangka panjang (PJP) KONI Banten.

“November, Pra PON sudah digelar. Pada ajang itu kami akan memberangkatkan 13 atlet. Untuk PJP-nya ada Putri Kusuma Wardani dan Damas Mawardi Putra,” kata Irham, Senin (28/10).

Irham berharap 13 pebulu tangkis Banten itu mempersembahkan prestasi terbaiknya dan menembus peringkat tiga besar pada Pra PON nanti. Namun diakui Irham, kans tertinggi bertumpu kepada Putri Kusuma Wardani.

“Mudah-mudahan semuanya bisa lolos. Meski target realistisnya terutama kepada Putri. Yang lain peluangnya masing fifty-fifty. Semoga keberuntungan berpihak untuk kami,” harap Irham.

Ketua Pengprov PBSI Banten, Ari Wibowo pun menilai peluang menembus peringkat tiga besar tertuju kepada Putri Kusuma Wardani. Penilaian Ari berdasarkan catatan prestasi yang telah diraih Putri. Senin (12/8), Putri menyabet satu medali emas pada turnamen Victor Exist Jakarta Junior International Series kategori U-19.

Bahkan sebelumnya, Putri juga sukses menjadi juara pada kejuaraan junior dunia Pembangunan Jaya Raya Junior Grand Prix 2019 yang dilangsungkan Mei lalu. “Melihat hasil positif itu, saya semakin yakin atlet putri Banten bisa lolos dari Pra PON. Bahkan dengan batasan umur yang diterapkan PB PBSI, saya cukup yakin bisa menghasilkan medali di PON Papua 2020. Kami akan berjuang untuk membawa nama baik Banten,” kata Ari. (rbs/nda/ags)