Pra PON Softball: Banten Ngamuk, Sumut Ditekuk

TANGERANG – Softball putri Banten masih punya harapan lolos ke PON XX dengan masuk page system (babak delapan besar) Pra PON XX 2020 Papua. Peluang itu diperoleh usai tim besutan Carrin Garimurti menang atas tim Sumatera Utara (Sumut) pada laga terakhir Pool C.

Softball putri Banten sempat menelan kekalahan tiga kali berturut-turut dari tim Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Kemarin (17/8), tim Banten mengamuk saat bertemu Sumut di Lapangan Softball Sport Center Kelapa Dua. Softball putri Sumut tunduk dengan skor 29-5.

Hasil pertandingan kemarin membuat posisi Banten di klasemen akhir Pool C ada di urutan keempat dari enam tim. Hasil tersebut membuat tim softball putri Banten selanjutnya bakal menghadapi juara Pool D sekaligus tim tuan rumah PON XX/2020 yakni, Papua. “Kesempatan kedua, alhamdulillah, bisa lolos empat besar Pool C sehingga kita masih punya kans ke babak selanjutnya. Kita akan melawan Papua, lawan berat karena mereka belum terkalahkan,” ucap Carrin Garimurti, pelatih tim softball putri Banten.

“Mudah-mudahan kalau anak-anak mainnya lepas seperti hari ini (kemarin-red) saya yakin kemenangan bukan hal yang sulit kita capai,” imbuh Carrin.

Banten memastikan bakal berlaga di pesta olahraga empat tahunan tersebut bila berhasil menang melawan Papua, Jumat (19/7). “Kalau kalah kita masih harus berjuang lebih keras lagi, untuk mengamankan peluang, kita harus dari bawah lagi,” kata Carrin.

Soal pertandingan kemarin, Carrin menilai anak asuhnya mampu menjalankan instruksinya dengan baik. Dia berharap pada pertandingan melawan Papua besok, Banten mampu menjaga konsentrasinya sehingga dapat menuai hasil maksimal.

“Persiapan anak-anak cukup, mereka bisa bermain lepas dan tanpa beban. Jadi hasilnya juga maksimal. Kesalahan hari ini sebenarnya juga tidak ada, evaluasi untuk hari ini cukup bagus. Mental bertanding anak-anak yang harus kita jaga,” pungkas Carrin. (apw/nda/ira)