Pra PON Softball: Jabar Bungkam Banten

Tim softball putri Banten saat bertanding di ajang Pra PON 2019, Selasa (16/7), di Lapangan Softball Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

TANGERANG – Keinginan tim softball putri Banten untuk bisa meraih tiket di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua semakin sulit diwujudkan. Itu setelah tim putri Banten kembali menelan kekalahan pada pertandingan keempat babak kualifikasi PON di Lapangan Softball Sport Center Kelapa Dua, Selasa (16/7) siang.

Setelah dikalahkan Jawa Tengah (Jateng) dengan skor 15-5 dan DKI Jakarta 10-1, kini giliran Jawa Barat (Jabar) yang menjadi mimpi buruk bagi tuan rumah. Anak asuh Carrin Garimurti itu ditaklukkan Jabar dengan skor telak 13-1.

Pelatih Tim Softball Putri Banten Carrin Garumutri mengakui Jabar merupakan tim yang kuat. Pada pertandingan persahabatan yang dilakukan kedua tim beberapa waktu lalu di Bandung, tim softball putri Banten juga mengalami kekalahan.

“Karena Jabar kemampuannya di atas Banten, kalau melihat hasil ini secara page system mereka sudah lolos, mungkin mereka sampai semifinal juga,” ujar mantan atlet Timnas Softball Indonesia itu.

Meski demikian, Carrin tetap mengapresiasi permainan anak asuhnya itu. Dia menilai pertandingan melawan Jabar sebagai ajang persiapan melawan Sumatera Utara (Sumut) di pertandingan penentu.

“Yang ditekankan hari ini, walaupun kita kalah, kita main semua untuk pertandingan besok (hari ini-red). Pertandingan ini sebagai persiapan kita untuk melawan Sumut. Pemain hari ini semua bermain lebih baik dari pertandingan sebelumnya dan hari ini (kemarin-red) semua main, tidak ada yang menjadi pemain cadangan,” ujarnya.

Menghadapi Sumut, Carrin optimistis Banten akan mampu mengulang hasil pada pertandingan pertama saat mengalahkan Kalimantan Tengah. “Kita sudah memantau kekuatan Sumut pada hari kedua, mudah-mudahan kalau Tuhan mengizinkan tidak ada yang mustahil,“ ujarnya.

Nasib Banten tergantung hasil pertemuannya dengan Sumut. Peluang Banten lolos dengan status delapan besar bila berhasil mengalahkan Sumut.

Menurut Ketua Deputi Bidang Softball Pengprov Perbasasi Banten Andri Maulana meyakinkan Banten akan tampil all-out untuk meraih kemenangan kedua mereka di Pra PON.

“Iya, peluang kita semakin kecil tapi kita masih punya kesempatan. Besok game kita terakhir melawan Sumut harus menang. Itu pertandingan penentu kita ada di babak perempat final atau tidak,” tegas Andri.

Bila tim softball putri Banten menang pada pertandingan tersebut, maka mereka akan finis di urutan keempat pool C. “Kalau kita menang, kita akan peringkat keempat. Untuk penentuannya kita ada di posisi delapan besar, kita akan melawan peringkat satu pool D,” ujar Andri. (apw/nda/ira)