Pra PON Woodball: Banten Optimistis Lolos PON

Ketua Umum (Ketum) KONI Banten Rumiah Kartoredjo (enam dari kiri) mendampingi tim woodball Banten pada pembukaan Pra PON 2019, Sabtu (6/7). FOTO: ARIS FOR RADAR BANTEN

TANGERANG – Ajang Pra PON 2019 untuk cabang olahraga (cabor) woodball resmi dibuka pada Sabtu (6/7) di Lapangan Puspitek, Kabupaten Tangerang. Sebagai tuan rumah, tim woodball Banten mematok target lolos menuju PON Papua 2020.

Kans tim woodball Banten mengamankan target yang diberikan KONI Banten tersebut dinilai terbuka lebar. Apalagi Pengurus Provinsi (Pengprov) IWbA (Indonesia Woodball Association) diperkuat oleh Ahris Sumariyanto, yang merupakan atlet peraih juara dunia.

“Kita punya Ahris Sumariyanto yang sudah tiga kali berturut-turut jadi juara dunia. Target awal kami di sini adalah meraih posisi tiga besar, sesuai syarat yang diberikan KONI Banten untuk menuju PON Papua 2020,” kata Ketua Umum (Ketum) Pengprov IWba Banten Suhendar Wijaya, Sabtu (6/7).

Untuk mengamankan target tersebut, Ahris mengatakan, pihaknya mengincar nomor beregu yang lebih utama menembus peringkat tiga besar. Sebab, jika nomor itu lolos, otomatis atlet Banten akan tampil di ajang PON XX/2020 di Papua untuk seluruh nomor pertandingan.

“Kami target awal adalah meraih posisi tiga besar di cabor beregu. Karena jika kami bisa lolos di nomor beregu, otomatis kami bisa tampil di semua kategori lomba di PON,” ungkap Suhendar.

Sementara untuk target di PON Papua 2020, Suhendar belum mau banyak berkomentar. “Kami ingin memastikan tiket PON lebih dulu. Percuma membicarakan target medali jika tidak lolos,” tegas Suhendar.

Ketua Umum (Ketum) KONI Banten Rumiah Kartoredjo yang juga menghadiri pembukaan Pra PON Woodball mengatakan, woodball merupakan salah satu cabor andalan Banten. Oleh karena itu, Rumiah berharap penuh cabor tersebut bisa menjadi lumbung medali emas buat Banten di PON Papua nanti.

“Atlet woodball Banten sudah punya pengalaman bertanding di luar negeri. Saya yakin dengan kita punya atlet peringkat satu dunia, potensi kita meraih medali emas di PON bisa terwujud,” harap Rumiah.     

Apalagi Banten sebagai tuan rumah Pra PON Woodball, Rumiah yakin secara lapangan atlet Banten lebih menguasai. “Kita harus manfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah. Mudah-mudahan woodball bisa menambah jumlah atlet Banten yang lolos ke PON,” kata Rumiah. (Riko B/RBG)