Prancis Singkirkan Uruguay, 2-0

Prancis lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2018 (Reuters)

PRANCIS menjadi negara pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia 2018. Hal ini terjadi usai mengalahkan Uruguay di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (6/7) malam WIB.

Tim asuhan Didier Deschamps memang lebih dominan sepanjang jalannya laga. Namun Prancis sempat kesulitan membongkar rapatnya tembok pertahanan Uruguay yang datang ke laga ini dengan catatan baru kebobolan satu kali.

Namun setelah melakukan sejumlah percobaan, Prancis akhirnya unggul di menit ke-40. Berawal dari tendangan bebas, bola masuk ke gawang setelah disundul Raphael Varane. Si kulit bundar berhasil disarangkannya ke arah pojok kanan.

Tak lama kemudian, skor nyaris berubah 1-1. Lewat situasi yang hampir sama dengan gol Prancis, Uruguay melalui sundulan Martin Caceres hampir menjebol gawang kawalan Hugo Lloris. Beruntung bagi Prancis, Lloris bermain brilian di pertandingan ini. Bola yang mengarah ke sudut sempit gawang berhasil ia tepis keluar.

Di babak kedua, Uruguay coba meningkatkan daya serangnya. Namun ketidakberadaan Edinson Cavani yang absen karena cedera membuat mereka kesulitan dalam menuntaskan sejumlah peluangnya.

Memasuki menit 61, Prancis sukses memperbesar keunggulannya. Kiper Uruguay, Fernando Muslera melakukan kesalahan fatal dalam mengantisipasi tendangan keras Antoine Griezmann. Ia melakukan blunder sehingga gawangnya kebobolan lagi.

Setelah tertinggal 0-2, permainan Uruguay menjadi sulit terkendali. Mereka berada di bawah tekanan dan keadaan ini bisa dimanfaatkan Prancis untuk mempertahankan keunggulannya.

Hingga laga berakhir, skor 2-0 tidak berubah. Di fase empat besar, Prancis bakal menghadapi Belgia.

Susunan pemain
Uruguay (4-4-2): Fernando Muslera; Martin Caceres, Jose Gimenez, Diego Godin, Diego Laxalt; Matias Vecino, Rodrigo Bentancur, Nahitan Nandez (Jonathan Urretaviscaya 73′), Lucas Torreira; Christian Stuani, Luis Suarez.

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; Paul Pogba, N’golo Kante; Corentin Tolisso (Steven N’Zonzi 80′), Antoine Griezmann (Nabil Fekir 90+3′), Kylian Mbappe (Ousmane Dembele 88′); Olivier Giroud.

(bep/JPC)