Prapatan, Kampung Spot Foto

0
938 views

CURUG – Lingkungan Prapatan, RT 01 RW 01, Kelurahan Curug, Kecamatan Curug, bakal dijadikan perkampungan spot foto yang instagramable. Saat ini, warga tengah mengupayakannya untuk menyambut Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Mereka tengah mengecat ban bekas dan tembok penahan tanah (TPT) untuk membangun spot foto.

“Kita bakal bikin banyak spot foto supaya menarik,” tegas Ketua RT 01 RW 01, Lingkungan Prapatan, Ruhidi Arafat kepada Radar Banten, Selasa (17/3).

Ia mengatakan, warga Prapatan memanfaatkan ban bekas dari bengkel di pinggir Jalan Raya Curug-Petir. Ban bekas yang telah dicat bermacam warna itu kemudian ditata sejajar dan memanjang di pinggir jalan. Ban bekas warna-warni itu difungsikan sebagai pagar. Pengecatan ditugaskan kepada pemuda dan bapak-bapak warga Prapatan.

Lahan untuk spot foto telah disiapkan. Yakni, lahan kosong seluas 10 x 5 meter persegi. Letaknya masih satu area dengan lokasi penempatan ban-ban bekas dan TPT yang telah dicat warna-warni.

Lahan kosong ini, awalnya ditumbuhi rumput liar. Warga telah membabadnya. Di area ini lah spot foto dibangun. Bahan dekorasinya akan menggunakan bekas gulungan kabel listrik. “Kalau ada anggarannya, kita juga bakal bikin saung,” jelas Ruhidi.

Dijelaskan Ruhidi, anggaran penataan lingkungan ini memanfaatkan uang kas warga RT 01 RW 01, Lingkungan Prapatan. Setiap kepala keluarga memberikan iuran sebesar Rp20 ribu per minggu. “Jadi, dari warga untuk warga. Kan ini juga hasil kesepakatan bersama,” tuturnya.

Menurut Ruhidi, LRLA merupakan ajang lomba kebersihan dan keamanan yang bagus untuk menumbuhkan kepedulian warga terhadap lingkungan. Ia pun berharap, semangat gotong royong warga tidak hanya saat lomba berlangsung. Akan tetapi, terus berlangsung. “Semangatnya jangan hanya pas ada lomba, tapi juga harus berkelanjutan,” ujarnya.

Lurah Curug Suadah menambahkan, selain memotivasi warga untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, LRLA juga dinilai mampu meningkatkan kewaspadaan warga terhadap keamanan lingkungan. “Semoga jadi bersih, aman, dan jadi tempat wisata rekreasi warga juga,” harapnya. (mg06/don)