Presiden Idul Adha di Sukabumi, Wapres di Jakarta

Presiden Jokow Widodo di Stasiun Gambir untuk bertolak ke Sukabumi menggunakan Kereta Api. Foto: Biropers/Kemenag

JAKARTA – Idul Adha 1438 H jatuh pada hari Jumat, 1 September 2017. Presiden Joko Widodo kali imi memilih Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, sebagai tempat untuk merayakan hari raya Idul Adha.

Usai menghadiri acara di Bursa Efek Indonesia, Presiden pada Kamis (31/8) pagi, langsung bertolak menuju Kota Sukabumi.

Tak seperti biasanya, kali ini Presiden Joko Widodo menaiki kereta api menuju Kota Sukabumi. Melalui Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan berangkat sekira pukul 10.00 WIB.

Setibanya di Kota Sukabumi, sejumlah agenda kunjungan kerja telah menanti Presiden. Di antaranya, Presiden dijadwalkan akan membagikan Kartu Indonesia Pintar dan Program Keluarga Harapan. Selain itu, Presiden juga akan menyerahkan sertifikat hak atas tanah kepada sejumlah masyarakat di Kota Sukabumi.

Selanjutnya, Presiden beserta rombongan akan bermalam di Kota Sukabumi untuk kemudian melaksanakan ibadah salat Id keesokan harinya.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam perjalanannya menuju Kota Sukabumi, di antaranya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah Kalla salat Idul Adha tingkat kenegaraan di Masjid Istiqlal besok, Jumat (1/9).

“Bapak Wakil Presiden besok akan shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal,” ujar Wakil ketua Badan Pengelola Masjid Istiqlal Bahrul Hayat saat rapat koordinasi persiapan pelaksanaan salat Idul Adha 1438H Tingkat Kenegaraan di Jakarta, Kamis (31/8), sebagaimana dilansir Kemenag.

Selain wapres, sejumlah jajaran Menteri Kabinet Kerja, 30 dari kedubes negara asing, gebernur DKI Jakarta akan shalat Iduladha di Masjid Istiqlal.

Menurutnya, sejauh ini persiapan terkait pelaksanaan shalat sudah dilakukan dengan  melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait.

“Dari sisi persiapan, secara umum persiapannya sama dengan pelaksanaan Idul Fitri, hanya saja untuk salat Idul Adha, masyarakat yang akan hadir lebih banyak dari Idul Fitri karena warga ibu kota dan sekitarnya tidak banyak yang mudik,” katanya.

Menurut jadwal, salat akan dimulai tepat pukul 07.00 WIB, tampil sebagai khatib Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin yang akan menyampaikan tema Idul Adha dan Semangat Rekonsiliasi Nasional. Untuk imam salat yaitu Hasanuddin Sinaga.

Usai salat, Wapres akan menyerahkan hewan kurban sapi juga hewan kurban Presiden yang akan diterima oleh Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mewakili Menteri Agama, dilanjutkan dengan doa oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar. (DODO/KEMENAG/AAS)