Presiden Jokowi Absen Kepala Daerah Perempuan di Banten, Irna Tak Hadir

0
609 views

SERANG РDalam perayaan Peringatan Hari Ibu (PHI) tingkat nasional ke-88 di halaman Masjid Raya Al-Bantani KP3B, Curug, Kota Serang, Presiden Joko Widodo mengabsen seluruh kepala daerah perempuan di Provinsi Banten. Dari empat kepala daerah, hanya Bupati Pandeglang  Irna Narulita yang tidak hadir alias absen.

“Bupati Lebak, Ibu Iti ada? Bupati Pandeglang Bu Irna ada? Absen? Bupati Serang Bu Tatu ada? Terakhir Walikota Tangsel Bu Airin ada?” ujar Jokowi di awal-awal sambutannya, Kamis (22/12).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengungkapkan, di Indonesia, kepala daerah baik itu bupati, wakil bupati, walikota dan wakil walikota yang perempuan sebanyak 77 orang. Menurutnya jumlah tersebut terbilang cukup banyak.

Di jajaran menteri kabinet Jokowi-JK, jumlah menteri perempuan menurut Presiden Jokowi sebanyak sembilan menteri dan angka tersebut merupakan jumlah terbanyak di dunia.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, peran perempuan sangat besar dalam pembangunan segala hal di Indonesia, karena pendidikan dasar dan utama berada di keluarga dan perempuan sebagai ibu mempunyai peranan besar.

“Jangan pernah meremahkan keterlibatan, kemampuan para ibu-ibu, karena jika mereka turun tangan bisa selesai semua masalah kita,” pungkasnya.

Dalam persaingan global, peran ibu menurutnya sangat diperlukan dalam mengarahkan dan membentuk anak, menjaga integritas keluarga, menanamkan sopan santun, mengajarkan kerja keras, dan semangat bersaing. “Indonesia membutuhkan para ibu untuk membimbing anaknya, untuk menanamkan nilai-nilai toleransi, persatuan bangsa di hati dan pikiran anak bangsa,” ujarnya. (Bayu)