Presiden Jokowi Akan Lakukan Peletakan Batu Pertama Tol Serang-Panimbang

0
1.601 views
Kepala Bappeda Banten Hudaya Latuconsina

SERANG – Peletakan batu pertama atau groundbreaking tol Serang-Panimbang rencananya akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, Oktober 2017 mendatang. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten Hudaya Latuconsina.

Hudaya menjelaskan, hal tersebut terungkap saat rapat gabungan antar seluruh pihak yang terkait pembangunan salah satu proyek nasional tersebut. Sejumlah pihak yang hadir dalam rapat hari ini tersebut di antaranya, BPN Kabupaten Serang, Dinas PU Kabupaten Serang,  Dinas Perkim Kabupaten Serang, tim konsultasi PT Wika selaku pemenang tender, Pemprov Banten, Bappeda, Dinas PU, dan Dinas Perhubungan.

Hudaya menjelaskan, groundbreaking akan dilakukan pada minggu keempat bulan Oktober mendatang, namun untuk tanggal pasti pelaksanaannya masih dikonsultasikan dengan Presiden Joko Widodo.

Groundbreakingnya akan dilakukan di Serang,” ujar Hudaya setelah rapat kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mitra Asda II Provinsi Banten di aula Bappeda Provinsi Banten,  Kamis (6/7).

Progres proyek pembangunan tol Serang-Panimbang dikatakan Hudaya cukup bagus.  Koordinasi antar pihak berjalan baik, namun diakui Hudaya sejumlah hambatan yang mengakibatkan molornya sejumlah target.

“Ada beberapa persoalan sebelum groundbreaking yang harus selesai Juli pada sisi inventarisasi terhadap 16 desa yang ada di kota dan kabupaten Serang, yang akan didahulukan sepanjang 10 kilometer pada trase satu diperjalan 23 KM Serang-Rangkas Bitung,” ujar Hudaya.

Inventarisasi tersebut, lanjut Hudaya, akan selesai dua minggu ke depan, setelah itu akan dibuat analisis yang nanti diserahkan kepada pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Diharapkan pada pertengahan Agustus pembayaran kepada masyarakat sudah dilakukan paling tidak 6 kilometer pertama,” kata Hudaya.

Proses pembangunan fisiknya sendiri, lanjut Hudaya dimulai tahun ini. Untuk tahap pertama,  pembangunan akan dilakukan sepanjang 10 kilometer dengan pintu tol pertama di Cikeusal,  Kabupaten Serang. Secara kesulurahan diharapkan selesai pada 2019. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)