Presiden Jokowi Bakal Resmikan Pasar Blok F di Cilegon

0
650 views
PINDAHKAN LAPAK: Para pedagang Pasar Blok F membongkar lapak dan memindahkannya dari jalan ke dalam pasar, Jumat (3/3). FOTO: UMAM/RADAR BANTEN

CILEGON – Pengelola UPTD Pasar Blok F bersama Paguyuban Pedagang Pasar Blok F bersama-sama melakukan pembongkaran lapak bekas para pedagang di pasar tersebut. Hal itu dilakukan lantaran awal Maret seluruh pedagang sudah harus menempati kios dan los di bangunan pasar yang baru tersebut.

Kasubag Umum Kantor UPTD Pasar Blok F Siti Rogayah mengatakan, sebenarnya 1 Maret lalu adalah target terakhir para pedagang sudah harus mengisi kios dan losnya. “Tapi, kenyataannya masih banyak pedagang yang belum membongkar kios yang berada di luar bangunan pasar yang belum lama ini berdiri,” katanya kepada Radar Banten, Jumat (3/3).

Rogayah menjelaskan, dimintanya para pedagang untuk segera pindah lantaran bekas kios pedagang yang berada di luar bangunan tersebut akan dijadikan lahan parkir. “Rencananya memang demikian. Ini harus secepatnya dilakukan dan harus sudah selesai dalam waktu sekira sepuluh hari,” jelasnya.

Kata dia, rencananya pada 20 Maret mendatang, setelah selesai menghadiri kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Pelabuhan Warnasari, Presiden Joko Widodo juga akan datang ke sini. “Pak Presiden tidak hanya meninjau. Tapi juga akan meresmikan pasar ini,” ujar Rogayah.

Menurutnya, rencana peresmian pasar tersebut lantaran pembangunan Pasar Blok F ini menggunakan anggaran dari APBN. “Sehingga wajar jika Pak Presiden ingin tahu dan sekaligus meresmikan pasar ini. Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan lancar,” terang Rogayah.

Sementara, Kepala UPTD Pasar Blok F Mulyadi mengaku sangat senang jika memang Presiden Joko Widodo itu akan meninjau dan meresmikan pasar ini. “Revitalisasi pasar tradisional ini kan salah satu program pemerintah pusat. Ditambah lagi program ini menggunakan APBN 2016. Jadi, kami sangat bangga jika Pak Presiden benar-benar hadir,” terang mantan pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) ini.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pasar Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagperin) M Satiri membenarkan jika Presiden Joko Widodo akan meninjau dan meresmikan pasar tersebut. “Rencananya begitu. Mudah-mudahan tidak ada halangan dan kendala dalam pelaksanaannya. Semoga Pak Presiden bisa menyempatkan waktunya untuk datang ke sini,” tandasnya.

Di bagian lain, anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Cilegon Muhammad Yusuf Amin mengapresiasi pembangunan Pasar Blok F yang sudah rampung. Menurutnya, pasar Blok F sudah jauh lebih bagus dibandingkan sebelumnya. “Hanya saja, para pedagang sudah harus tertib dan mau menjaga agar pasar tetap bersih dan resik. Dengan begitu, pengunjung akan senang berbelanja,” katanya. (Umam/Radar Banten)